PENGARUH BRAND IMAGE BARDAHL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (PADA PT. CASBAR PANCARAN BERKAT)

Widyatama Repository

PENGARUH BRAND IMAGE BARDAHL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (PADA PT. CASBAR PANCARAN BERKAT)

Show full item record

Title: PENGARUH BRAND IMAGE BARDAHL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (PADA PT. CASBAR PANCARAN BERKAT)
Author: Yustaria
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Brand Image Bardahl Terhadap Niat Beli Konsumen Pada PT. Casbar Pancaran Berkat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai brand image pelumas Bardahl, dan untuk mengetahui niat beli konsumen terhadap produk pelumas Bardahl, serta untuk mengetahui sejauh mana brand image pelumas Bardahl berpengaruh terhadap niat beli konsumen pada PT. Casbar Pancaran Berkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian explanatory. Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk membahas dan mengetahui sejauh mana suatu brand berpengaruh terhadap niat beli atau keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Karena saat ini peranan suatu brand atau merek sangat penting bagi kegiatan dan keberhasilan pemasaran. Saat ini semua perusahaan baik yang bergerak dalam bidang manufaktur atau perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, berlomba-lomba membentuk merek atau brand image yang baik, tujuannya adalah agar konsumen tertarik dan bahkan melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Karena apabila suatu brand dinilai baik oleh konsumen, maka konsumen akan memiliki kecenderungan untuk membeli produk atau jasa tersebut. Dalam menganalisis data, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Pearson untuk menganalisis data secara khusus dan analisis data secara kulalitatif dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk menganalisis data secara umum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik penelitian lapangan, wawancara dan penelitian kepustakaan. Metode statistik yang digunakan adalah analisis korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan perhitungan menggunakan SPSS.16. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image Bardahl terhadap niat beli konsumen pada PT. Casbar Pancaran Berkat digunakan analisis statistik yang berdasarkan pada data-data yang telah diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner tersebut disebarkan ke 100 orang responden. Dari hasil uji Rank Spearman maka didapat nilai sebesar 0,481, hal ini berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel X dan variabel Y. Karena nilai berada pada interval 0,40 – 0,59. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 23,13%, hal ini berarti bahwa niat beli konsumen dipengaruhi 23,13% oleh brand image pelumas Bardahl. Sedangkan sisanya sebesar 76,87% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini atau yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 5,43 dimana nilai t hitung ini lebih besar daripada t tabel (5,43 > 1,663) maka H1 diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti bahwa brand image Bardahl berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen pada PT. Casbar Pancaran Berkat. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka hipotesis yang semula diajukan yaitu : “Brand Image Bardahl Berpengaruh Positif Terhadap Niat Beli Konsumen” dapat diterima artinya teori yang dijadikan acuan dalam kerangka pemikiran masih relevan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4749
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 167.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 157.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 207.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 210.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 180.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 178.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 155.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 291.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 405.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 622.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 538.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 249.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 189.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record