SENTIMENT ANALYSIS PADA REVIEW FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Sebagian besar konten yang terdapat pada web bersifat subjektif atau merefleksikan opini dari orang yang menulis. Dengan pesatnya perkembangan web. Semakin banyak orang menuliskan opini mereka tentang produk atau jasa. Hal ini dimanfaatkan sebagai acuan customers untuk mengetahui pendapat orang lain tentang produk atau jasa yang akan digunakan. Sebaliknya bagi produsen dapat digunakan sebagai media pelacak tentang kepuasan pelanggan. Salah satu hal yang penting dalam sebuah review adalah opini yang terkandung didalamnya. Opini yang terkandung dalam review bisa berupa opini positif atau opini negatif. Riset ini bertujuan untuk melakukan pengklasifikasian terhadap sentiment postif dan negatif dari review film berbahasa Inggris serta mencari akurasi dari metode yang digunakan yaitu K-Nearest Neighbor yang akan dibandingkan dengan Metode Naive Bayes. Penelitian ini dibatasi oleh nilai k pada k-nearest neighbor yang digunakan adalah 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, serta data yang digunakan adalah large movie review dataset v 1.0 dengan jumlah data 700 dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah metode naive bayes lebih baik dari pada metode k-nearest neighbor dimana nilai akurasi tertinggi yang dihasilkan oleh metode naive bayes adalah 81% sedangkan akurasi tertinggi yang didapat k-nearest neighbor adalah 71%.
Description
Keywords
Sentiment, Naive Bayes, K-Nearest Neighbor, Akurasi, Review
Citation