SIMULASI PENERAPAN ALGORITMA A* (STAR) UNTUK MENCARI RUTE TERCEPAT DENGAN HAMBATAN APABILA TERJADI KEMACETAN LALU LINTAS

Widyatama Repository

SIMULASI PENERAPAN ALGORITMA A* (STAR) UNTUK MENCARI RUTE TERCEPAT DENGAN HAMBATAN APABILA TERJADI KEMACETAN LALU LINTAS

Show full item record

Title: SIMULASI PENERAPAN ALGORITMA A* (STAR) UNTUK MENCARI RUTE TERCEPAT DENGAN HAMBATAN APABILA TERJADI KEMACETAN LALU LINTAS
Author: Solihin, Hermi
Abstract: Banyak para pengguna jalan (pengendara) mengubah rute perjalanan untuk menghindari kemacetan agar dapat mencari rute tercepat. Pencarian rute tercepat ini merupakan suatu permasalahan yang sering muncul pada pengguna kendaraan, karena para pengguna kendaraan memerlukan solusi untuk mendapatkan rute atau jalur tempuh tercepat. Untuk itu dilakukan penelitian dengan membangun sebuah simulasi dalam penerapan pencarian rute perjalanan. Penelitian tugas akhir ini berkenaan dengan pembuatan Simulasi Penerapan Algoritma A* untuk Mencari Rute Tercepat dengan Hambatan Apabila terjadi Kemacetan Lalu Lintas serta membuktikan bahwa rute yang dilewati merupakan rute yang terbaik dengan beban nilai terkecil. Algoritma A* (Astar) merupakan salah satu algoritma yang termasuk dalam kategori metode pencarian yang memiliki informasi (informed search method). Algoritma ini juga salah satu algoritma pencarian yang cukup popular dikalangan pemrogram. Algoritma ini sangat baik sebagai solusi proses pathfinding (pencari jalan) . Algoritma ini mencari jarak rute tercepat yang akan ditempuh suatu point awal (starting point) sampai ke objek tujuan dengan membandingkan nilai nilai yang ada pada algoritma ini. Perhitungan fungsi heuristic di simulai ini menggunakan fungsi heuristic manhattan distance. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan simulasi ini menggunakan bahasa pemrograman java. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem menggunakan perancangan USDP (Unified Software Development Process) dengan tools UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini adalah dapat membangun sebuah Simulasi Penerapan Algoritma A* untuk Mencari Rute Tercepat dengan Hambatan Apabila terjadi Kemacetan Lalu Lintas. Serta setelah dilakukan perhitungan, rute perjalanan yang ditemukan dalam simulasi ini merupakan rute dengan solusi terbaik dengan nilai yang terkecil.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4692
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 56.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 185.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 329.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 47.09Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.40Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 88.84Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 163.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 471.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 96.54Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 171.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 813.4Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 106.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 283.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record