PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN MIE REMAN BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN MIE REMAN BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN MIE REMAN BANDUNG
Author: Fauzy, Yudistira
Abstract: Persaingan bisnis dibidang kuliner yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk terus berinovasi agar memiliki keunggulan dibanding perusahaan lain yang sejenis. Saat ini komunikasi word of mouth dianggap sebagai salah satu media promosi yang natural, jujur dan meyakinkan karena pada dasarnya calon konsumen memiliki pengetahuan terbatas terhadap suatu produk. Konsumen akan lebih memilih mendengarkan apa yang dikatakan oleh teman / kerabat yang telah merasa puas dengan kualitas produk yang dimiliki dibandingkan dengan mendengarkan pendapat para ahli atau melalui iklan. Penelitian ini berjudul pengaruh word of mouth communication terhadap proses keputusan pembelian konsumen restoran Mie Reman Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen tentang word of mouth communication, untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen tentang proses keputusan pembelian dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh word of mouth communication terhadap proses keputusan pembelian konsumen restoran Mie Reman Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan responden mengenai Word of Mouth Communication, yaitu sebesar 3,59 yang artinya baik karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Tanggapan responden mengenai proses keputusan pembelian konsumen restoran Mie Reman Bandung, yaitu sebesar 3,53 yang artinya tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,439. Karena nilai rs berada diantara interval 0,400-0,599 maka hubungan antara word of mouth communication dengan proses keputusan pembelian konsumen restoran Mie Reman Bandung dapat dikatakan cukup kuat dan searah. Pengaruh word of mouth communication terhadap proses keputusan pembelian konsumen restoran Mie Reman Bandung berdasarkan perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 19,27%, sedangkan sisanya sebesar 80,73% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Sedangkan dari perhitungan uji hipotesis, nilai thitung = 4,838 lebih besar dari ttabel = 1,663 ini berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan pada Bab I, yaitu : “Word of mouth communication berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian Mie Reman Bandung” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4684
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 64.12Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 485.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 169.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 164.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 211.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 30.30Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 334.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 579.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 356.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 576.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 178.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 189.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record