PENGARUH KEBIJAKAN PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KACAMATA PADA TOKO IIT OPTIKAL BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KEBIJAKAN PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KACAMATA PADA TOKO IIT OPTIKAL BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KEBIJAKAN PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KACAMATA PADA TOKO IIT OPTIKAL BANDUNG
Author: Rachman, Sheiva Nugraha
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Kebijakan Produk Dan Kebijakan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Kacamata pada Toko IIT Optikal”. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen atas kebijakan produk dan kebijakan harga yang dilakukan oleh Toko IIT Optikal dan bagaimana minat beli yang dilakukan konsumennya, serta mengetahui besarnya pengaruh antara kebijakan produk dan kebijakan harga terhadap minat beli di Toko IIT Optikal. Toko IIT Optikal merupakan salah satu optic yang menyediakan berbagai kacamata medis dan fashion di Kota Bandung. Berbeda dengan kebanyakan optic lainnya, Toko IIT Optikal menawarkan produk-produk kacamata medis dengan desain frame menarik dan dapat disesuaikan dengan produk yang dipilih konsumen. Hal ini dilakukan untuk menimbulkan minat beli bagi konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk membeli kacamata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan produk dan kebijakan harga pun adalah faktor penting untuk mempengaruhi minat beli konsumen yang menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Toko IIT Optikal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel kebijakan produk dan kebijakan harga terhadap minat beli di Toko IIT Optikal. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang responden. Metode pengambilan sampel dengan teknik probability sampling secara Simple Random Sampling, dimana sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah konsumen kacamata yang ditemui berdasarkan data konsumen yang terpilih secara acak. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara ketiga variable diatas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan juga dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas, Koefesien Korelasi Rank Spearman, Koefisien Determinasi, dan Pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian bahwa kebijakan produk di Toko IIT Optikal dapat dikatakan baik, yang ditunjukkan dengan nilai keseluruhan sebesar 3,925 yang berada pada interval 3,40-4,19 dan kebijakan harga Toko IIT Optikal dapat dikatakan baik, yang ditunjukkan dengan nilai keseluruhan sebesar 3,947 yang berada pada interval 3,40-4,19. Tanggapan konsumen atas minat beli memiliki nilai sebesar 3,99 yang artinya konsumen menyatakan setuju untuk minat beli pada Toko IIT Optikal karena berada pada interval 3,40-4,19. Pengaruh besarnya kebijakan produk dengan minat beli di Toko IIT Optikal dari perbandingan thitung > ttabel dan thitung < -ttabel adalah Ho ditolak, karena (19.175) ≥ ttabel (1.676) dan - thitung (-19.175) < - ttabel (-1.676). Ini berarti bahwa Kebijakan Produk (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Beli (Y). Pengaruh kebijakan harga dengan minat beli di Toko IIT Optikal dari perbandingan thitung > ttabel dan thitung < -ttabel Ho ditolak, karena thitung (12.224) ≥ ttabel (1.676) dan - thitung (-12.224) < - ttabel (-1.676). Ini berarti bahwa Kebijakan Harga (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Beli (Y). Pengaruh Kebijakan Produk dan Kebijakan Harga terhadap Minat Beli Kacamata pada Toko IIT Optikal Bandung Secara Simultan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 193.652. Kemudian dibandingkan dengan nilai ftabel yaitu sebesar 2.41. Dengan demikian fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu 193.652 > 2.41. Selain itu nilai probabilitas juga menunjukkan lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000. Maka dari itu Ho ditolak. Maka kebijakan produk dan kebijakan harga Toko IIT Optikal memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Hal ini bahwa “Semakin baik kebijakan produk dan kebijakan harga yang dilakukan oleh Toko IIT Optikal di Bandung, maka cenderung semakin tinggi pula minat beli konsumen” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4667
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 81.00Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 995.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 236.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 200.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 131.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 375.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 434.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 463.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 735.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 233.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record