IDENTIFIKASI PROFIL KOMPETENSI WIRAUSAHA YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Industri Fesyen: Distro/Clothing di Kota Bandung)

Widyatama Repository

IDENTIFIKASI PROFIL KOMPETENSI WIRAUSAHA YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Industri Fesyen: Distro/Clothing di Kota Bandung)

Show full item record

Title: IDENTIFIKASI PROFIL KOMPETENSI WIRAUSAHA YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Industri Fesyen: Distro/Clothing di Kota Bandung)
Author: Gustina, Galih Hanif
Abstract: Galih Hanif Gustina. 0207239, 2014. Judul penelitian “Identifikasi Profil Kompetensi Wirausaha Yang Berkinerja Unggul (Studi Kasus pada Industri Fesyen: Distro/Clothing di Kota Bandung)”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Dyah Kusumastuti, Ir., M.Sc. Program Studi Manajemen S1. Fakultas Bisnis dan Manajemen. Universitas Widyatama. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi seberapa baik profil kompetensi wirausaha industri fesyen: distro/clothing yang berkinerja unggul di Kota Bandung (2) untuk mengidentifikasi adakah perbedaan kompetensi wirausaha industri fesyen: distro/clothing secara signifikan antara yang berkinerja unggul dan yang berkinerja rata-rata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 30 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling dari teknik nonprobability sampling dengan kriteria sampel (1) memiliki pengalaman proses bisnis di industri fesyen distro/clothing di atas 6 tahun (2) memiliki omzet rata-rata 100 juta pertahun (3) memiliki karyawan tetap minimal 10 orang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang diperoleh dari kuesioner, secara umum tingkat kompetensi wirausaha industri fesyen distro/clothing di Kota Bandung pada kategori baik atau kompeten. Kompetensi yang paling tinggi yaitu kompetensi pentingnya hubungan bisnis. Kemudian berdasarkan hasil analisis komparatif pada penelitian ini telah berhasil menemukan ada 11 kompetensi yang berbeda secara signifikan antara pengusaha yang berkinerja unggul dengan pengusaha berkinerja rata-rata, kompetensinya terdiri dari: proaktif, melihat dan mencari peluang, ketekunan, mencari informasi, komitmen dalam usaha, efisiensi, perencanaan sistematis, menyelesaikan masalah, membujuk, ketegasan, dan pentingnya hubungan bisnis. Sedangkan ada 4 kompetensi yang tidak membedakan secara signifikan antara pengusaha yang berkinerja unggul dengan berkinerja rata-rata, kompetensinya teridiri dari: kualitas pekerjaan, percaya diri, strategi mempengaruhi, serta keperdulian terhadap karyawan. Saran yang dikemukakan oleh penulis yaitu kompetensi yang dimiliki pengusaha merupakan modal insani yang perlu dilipat gandakan secara terus menerus dan berkelanjutan sehingga pada akhirnya akan berdampak pada kemampuan bersaing atau yang disebut competitive advantage.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4631
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 74.02Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 108.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 169.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 100.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 114.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 105.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 291.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 324.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 113.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.083Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 201.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 83.49Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record