TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGHITUNGAN, PEMUNGUTAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN SERTA PENCATATAN AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 PADA PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGHITUNGAN, PEMUNGUTAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN SERTA PENCATATAN AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 PADA PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGHITUNGAN, PEMUNGUTAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN SERTA PENCATATAN AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 PADA PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)
Author: Fathonah, Rita
Abstract: Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat penting dalam menopang pembiayaan pembangunan yang bersumber dari dalam negeri. Dalam Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 setiap penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi merupakan Subjek pajak yang dikenai pajak apabila menerima atau memperoleh penghasilan. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penghitungan, pemungutan, penyetoran, pelaporan serta pencatatan akuntansi PPh pasal 21 pada PT Dirgantara Indonesia (Persero). Pelaksanaan penghitungan dan pemotongan besarnya PPh pasal 21 yang terutang setiap bulan di PT. Dirgantara Indonesia (Persero) telah terhitung secara otomatis ke dalam payroll system ini merupakan bagian dari Financial Integration System (FIS) yaitu sistem komputerisasi yang terintegrasi secara online. Proses penyetoran PPh pasal 21 dilakukan dengan menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP) yang disetorkan ke kas Negara melalui Bank-bank BUMN, BUMD, kantor pos atau bank persepsi lainnya yang ditunjuk oleh Dirjen Anggaran sebagai tempat penyetoran pajak. Batas pembayaran/penyetoran PPh Pasal 21 paling lambat tanggal 10 bulan takwim berikutnya setelah masa pajak berakhir. Proses perhitungan, penyetoran, pelaporan telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pelaksanaan pencatatan pajak penghasilan pasal 21 yang dilakukan PT Dirgantara Indonesia (Persero) telah dilaksanakan secara teratur dan sistematis.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4604
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 325.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.89Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 38.56Kb PDF View/Open
Daftaf Gambar.pdf 28.45Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.92Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 30.37Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.68Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 177.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 77.65Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 92.85Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 43.92Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record