TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN DAN BESAR MANFAAT PROGRAM TABUNGAN HARI TUA (THT) ASURANSI KEMATIAN UNTUK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA PT. TASPEN (PERSERO)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN DAN BESAR MANFAAT PROGRAM TABUNGAN HARI TUA (THT) ASURANSI KEMATIAN UNTUK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA PT. TASPEN (PERSERO)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN DAN BESAR MANFAAT PROGRAM TABUNGAN HARI TUA (THT) ASURANSI KEMATIAN UNTUK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA PT. TASPEN (PERSERO)
Author: Suryaningsih, Erni
Abstract: Perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, kini asuransi sangat diperlukan bagi anggota masyarakat terutama bagi kesejahteraan pegawai atau karyawan, baik itu pegawai negeri maupun swasta. Dalam meningkatkan kesejahteraan hidup pegawai terutama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), pemerintah mempercayai PT. TASPEN (PERSERO) untuk mengelola program asuransi sosial yang terdiri dari program dana pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT). Program Tabungan Hari Tua (THT) merupakan program asuransi sosial yang dikaitkan dengan asuransi dwiguna serta asuransi kematian. Asuransi kematian merupakan salah satu bentuk usaha asuransi yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang bertalian erat dengan jiwa maupun meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan. Tujuan penulis melakukan penelitian pada PT. TASPEN (PERSERO) adalah untuk mengetahui perhitungan dan besar manfaat program THT asuransi kematian untuk PNS, serta prosedur pembayaran THT asuransi kematian untuk PNS. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, yaitu metode yang membahas mengenai beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasi dan menginterprentasikan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh bahwa perhitungan dan besar manfaat program THT asuransi kematian untuk PNS secara keseluruhan sudah baik karena sudah sesuai dengan rumus perhitungan yang berdasarkan kepada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 478/KMK.06/2002 tentang Persyaratan dan Besar Manfaat Tabungan Hari Tua Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam prosedur pembayaran yang dilakukan tidak berbelit-belit dan sudah sesuai dengan yang ditentukan, meskipun terdapat berbagai hambatan yang sering ditemukan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4590
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 389.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 230.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.61Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.78Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.42Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 173.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 368.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 319.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 277.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 101.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record