PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN di Bidang Industri Strategis Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN di Bidang Industri Strategis Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN di Bidang Industri Strategis Kota Bandung)
Author: Sitanggang, Yuliana
Abstract: Dalam perkembangan perekonomian di Indonesia di bidang dunia bisnis semakin ketat, persaingan ini berasal dari dalam negeri dan luar negeri, hal yang perlu diperhatikan adanya suatu pengendalian internal dalam penyelenggaraan operasional perusahaan dimana membutuhkan adanya audit internal sebagai pengawas di dalam perusahaan untuk mencapai tujuannya. Penelitian dilakukan pada perusahaan BUMN di bidang industri strategis kota bandung, yang terdiri dari PT PINDAD, PT INTI, PT DIRGANTARA dan PT LEN Industri. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan audit internal, untuk mengetahui pengendalian internal penjualan, dan untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan pada perusahaan BUMN di bidang industri strategis kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explanatory. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh yang berasal dari populasi sebanyak 23 karyawan dibagian Satuan Pengawasan Intern pada perusahaan BUMN di bidang industri strategis kota bandung. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persamaan regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan pelaksanaan audit internal telah dilakukan secara efektif, karena didukung oleh adanya standar profesi yang terdiri dari independensi, keahlian dan penggunaan kemahiran profesional, lingkup pekerjaan audit internal, pelaksanaan tugas audit internal, dan manajemen unit audit internal. Hasil dari rekapitulasi responden diperoleh sebesar 3,8% yang berada pada rentang interval antara 3,5- 4,2 termasuk dalam kategori baik. Pengendalian intenal penjualan telah dilakukan secara efektif, karena didukung oleh adanya komponen- komponen pengendalian internal yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan, dan adapun tujuan pengendalian internal penjualan yang terdiri dari reliabilitas laporan keuangan, efesiensi dan efektivitas operasi, ketaatan pada hukum dan peraturan. Hasil dari rekapitulasi responden diperoleh sebesar 3,9% yang berada pada rentang interval antara 3,5- 4,2 termasuk dalam kategori baik. Audit internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan , hal ini dilihat dari thitung sebesar 8,852 lebih besar dari ttabel sebesar 2,080, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh yang diberikan variabel X kepada variabel Y digunakan koefisien determinasi sebesar 78,9%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4587
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.63Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 657.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 40.77Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 175.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.75Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.73Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 242.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 403.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 449.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 707.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 84.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record