PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN SISTEM PENGHARGAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Kantor Cabang Bank Umum Syariah di Kota Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2014
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas dalam menghadapi persaingan pasar global. Setiap perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya melalui perbaikan berkelanjutan pada kegiatan bisnis yang terfokus pada konsumen, yaitu meliputi keseluruhan organisasi dan penekanan pada fleksibilitas dan kualitas. TQM merupakan suatu konsep perbaikan yang dilaksanakan secara terus-menerus, yang melibatkan seluruh elemen dan karyawan pada setiap tingkatan organisasi dalam rangka untuk mencapai kualitas yang terbaik pada seluruh aspek organisasi melalui proses manajemen. Perusahaan sebaiknya menerapkan TQM dan sistem penghargaan untuk menilai kinerja dari karyawan, agar kinerja karyawan di suatu perusahaan menjadi lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TQM terhadap kinerja karyawan dengan sistem penghargaan sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 485 karyawan yang berada di Bank-bank Umum Syariah di Kota Bandung dan yang menjadi sampel sebanyak 130 karyawan. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Residual dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.0 For Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TQM berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Sistem penghargaan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dan sistem penghargaan dapat memperkuat hubungan TQM dengan kinerja karyawan.
Description
Keywords
Total Quality Management (TQM), Kinerja Karyawan, Sistem Penghargaan, The Performance of Employees, Reward System