PENGARUH ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACK DENGAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Studi Kasus pada PT Jamsostek di Kota Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACK DENGAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Studi Kasus pada PT Jamsostek di Kota Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACK DENGAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Studi Kasus pada PT Jamsostek di Kota Bandung )
Author: Maliki, Viqi Ali
Abstract: Diskusi mengenai pengaruh anggaran partisipatif terhadap budgetary slack masih ditemukan belum adanya kekonsistenan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh anggaran partisipatif dengan budgetary slack. Penelitian ini juga meneliti apakah informasi asimetri mampu memoderasi hubungan antara anggaran partisipatif dengan budgetary slack. Penelitian telah selesai dilaksanakan di PT Jamsostek Kota Bandung dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 104 karyawan yang menjabat di tingkat manajer, karyawan, serta staf pada PT Jamsostek di Kota Bandung. Sebanyak 104 kuesioner yang disebar hanya 102 kuesioner yang diterima kembali dan dapat diproses dengan baik. Data yang dikumpulkan telah diproses menggunakan analisis regresi berganda dengan metode Moderated Regression Analysis. Untuk mengetahui pengaruh anggaran partisipatif terhadap budgetary slack, informasi asimetri terhadap budgetary slack, dan pengaruh informasi asimetri sebagai variable moderasi pada hubungan antara anggaran partisipatif dengan budgetary slack. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan semakin tinggi anggaran partisipatif semakin kecil atau rendah budgetary slack. Semakin tinggi informasi asimetri semakin tinggi budgetary slack, dan informasi asimetri mampu menguatkan hubungan antara anggaran partisipatif dengan budgetary slack. Terdapat beberapa saran yang dapat diberikan pada penelitian ini, salah satunya adalah perusahaan sebaiknya lebih menjaga proses anggaran partisipatif para manajer guna mencegah terjadinya budgetry slack. Informasi Asimetri merupakan aspek penting yang mampu menaikan kemungkinan terjadinya budgetary slack, dan sebaiknya perusahaan menghilangkan atau mencegah adanya informasi asimetri pada saat penyusunan anggaran dalam perusahaan khususnya pada PT Jamsostek di Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4576
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.94Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1020.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 194.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 123.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.27Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.33Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.48Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 360.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 317.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 450.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 430.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 284.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record