PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2012)

Widyatama Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2012)

Show full item record

Title: PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2012)
Author: Malau, Rohaida Hotmauli
Abstract: Teori keagenan (agency theory) mengimplikasikan adanya asimetri informasi antara manajer sebagai agen dan pemilik (dalam hal ini adalah pemegang saham) sebagai prinsipal. Asimetri informasi muncul ketika manajer lebih mengetahui informasi internal dan prospek perusahaan di masa yang akan datang dibandingkan dengan pemegang saham dan stakeholder lainnya. Penelitian ini berjudul Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif eksplanatory. Penelitian ini menggunakan The Modified Jones Model untuk menghitung discretionay accruals yang menjadi proksi dari manajemen laba. Ukuran perusahaan di proksi dengan total aktiva dan asimteri informasi di proksi dengan bid ask spread. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2010-2012 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 30 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel. Pengujia hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan Asimetri informasi berngaruh positif terhadap manajemen laba dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Data yang digunakan dalam penelitian ini menunjukan rata-rata asimetri informasi mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Hasil penelitian secara simultan yaitu asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dengan demikian manajemen laba dipengaruhi oleh kelangsungan asimetri informasi dan ukuran perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4566
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.33Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 211.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 185.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 162.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 140.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 126.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 124.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 120.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 191.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 467.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 569.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 684.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.36Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 174.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record