PENGARUH PENGENDALIAN PEMBELIAN BAHAN BAKU TERHADAP TINGKAT INVENTORY TURN OVER (Studi pada PT. Multi Instrumentasi Bandung periode tahun 2010 s/d 2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN PEMBELIAN BAHAN BAKU TERHADAP TINGKAT INVENTORY TURN OVER (Studi pada PT. Multi Instrumentasi Bandung periode tahun 2010 s/d 2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN PEMBELIAN BAHAN BAKU TERHADAP TINGKAT INVENTORY TURN OVER (Studi pada PT. Multi Instrumentasi Bandung periode tahun 2010 s/d 2013)
Author: Cahyadi, Rinaldi Wachyu
Abstract: Dalam pengendalian pembelian bahan baku pada PT. Multi Instrumentasi, dimana selama ini kenyataan dilapangan menunjukan perusahaan selalu memiliki persediaan bahan baku dalam jumlah melebihi kebutuhan. Akibatnya di gudang bahan baku terjadi penumpukan bahan baku dan hal ini menyulitkan bagian gudang untuk melakukan pengontrolan dilapangan. Penunpukan bahan baku tersebut tentu saja berakibat terhadap meningkatnya biaya pemeliharaan, biaya penyimpanan di gudang, serta biaya modal. Akibatnya modal yang diperlukan untuk ditanamkan dalam bahan baku tersebut lebih besar dan modal tersebut akan tertanam lebih lama. Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengambil judul “Pengaruh Pengendalian Pembelian Bahan Baku terhadap Tingkat Inventory Turn Over”. Penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana pengendalian pembelian bahan baku pada PT. Multi Instrumentasi, bagaimana tingkat inventory turnover pada PT. Multi Intrumentasi dan pengaruh pengendalian pembelian bahan baku terhadap tingkat invetory turnover pada PT. Multi Instrumentasi. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan variabel independen (X) dan variabel dependen (Y), yang sesuai dengan keadaan objek dan berdasarkan fakta pada PT. Multi Instrumentasi, kemudian data diolah dan diproses lebih lanjut dengan berdasarkan teori yang ada. Setelah dilakukan penelitian, ternyata pengendalian pembelian bahan baku berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat inventory turnover pada PT. Multi Instumentasi dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 25,9% dengan derajat keeratan yaitu sangat erat dan menunjukan kolerasi positif artinya jika pengendalian pembelian persediaan bahan baku dilakukan dengan baik maka tingkat inventory turnover akan meningkat, begitupun sebaliknya jika pengendalian pembelian bahan baku dilakukan dengan kurang baik maka tingkat inventory turnover akan rendah. Sedangkan sebanyak 74,1% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4562
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 2.976Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 169.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 276.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 221.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 187.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 382.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 361.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 739.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record