PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) (Studi Empiris Pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) (Studi Empiris Pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) (Studi Empiris Pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat)
Author: Putri, Nurul Maulidya
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh pengendalian internal terhadap pelaksanaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang dihasilkan pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Pengendalian internal merupakan hal yang menyangkut bagaimana tujuan dari organisasi dapat tercapai dengan memberikan keyakinan yang memadai sehingga hal ini akan menimbulkan kepercayaan publik terhadap keandalan laporan keuangan, kepatuhan terhadap hukum, peraturan yang berlaku, efektivitas dan efisiensi. Dengan kata lain pengendalian internal, penting untuk memberikan keyakinan yang memadai dalam hal ini yang berhubungan dengan pelaksanaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh responden yaitu pegawai yang menggunakan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) di Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan sampling purposive, pengumpulan data dilakukan dengan mendatangi langsung para responden untuk mengisi kuesioner penelitian dan hasilnya 35 responden yang bersedia mengisi kuisioner. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan model analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan Regresi Linier Sederhana diketahui bahwa variabel independen (pengendalian internal) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (SIPKD) dengan presentase pengaruh sebesar 19%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4547
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.69Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.019Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 236.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 214.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 128.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 119.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 256.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 313.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 521.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 603.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 38.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record