PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia selama tahun 2010-2012)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia selama tahun 2010-2012)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia selama tahun 2010-2012)
Author: Yulianti, Nuke
Abstract: Beberapa penelitian menemukan bahwa perilaku nasabah dalam memilih bank syariah didorong oleh faktor memperoleh keuntungan. Dengan demikian, menjadi cukup penting bagi bank syariah untuk tetap menjaga kualitas tingkat bagi hasil yang diberikan kepada nasabahnya. Pada prinsipnya bagi hasil merupakan karakteristik umum dan landasan dasar bagi operasional bank Islam secara keseluruhan. Secara syariah, prinsipnya berdasarkan kaidah al-mudharabah. Akan tetapi, hal ini bertolak belakang dengan praktiknya. Pada praktiknya pembiayaan mudharabah (bagi hasil) merupakan pembiayaan yang jarang digunakan. Komposisi pembiayaan mudharabah (bagi hasil) masih kalah jauh dibandingkan dengan komposisi pembiayaan murabahah (jual-beli). Faktor yang dapat mempengaruhi besarnya tingkat bagi hasil deposito mudharabah salah satunya adalah kinerja keuangan yang terdiri dari profitabilitas, likuiditas, efisiensi dan solvabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kinerja keuangan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah bank umum syariah yang terdaftar di bank Indonesia. Jumlah populasi data penelitian adalah 11 bank umum syariah yang terdaftar di bank Indonesia pada tahun 2010-2012. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengujian asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Penelitian secara parsial membuktikan bahwa profitabilitas (ROA) memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dan profitabilitas (ROE) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah, Likuiditas (FDR) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah, Efisiensi (BOPO) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah, Solvabilitas (CAR) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah. Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa profitabilitas (ROA dan ROE), Likuiditas (FDR), Efisiensi (BOPO), dan Solvabilitas (CAR) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4546
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.72Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 275.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 185.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 267.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 227.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 625.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 463.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 804.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 124.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 120.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record