PENGARUH CSR DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012)

Widyatama Repository

PENGARUH CSR DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012)

Show full item record

Title: PENGARUH CSR DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012)
Author: Pratama, Muhammad Iman
Abstract: Nilai perusahaan merupakan penilaian investor mengenai suatu perusahaan yang biasanya tercermin dari harga saham. Semakin tinggi harga saham suatu perusahaan, semakin tinggi pula nilai perusahaannya. Naik turunnya harga saham terjadi setiap saat dikarenakan berbagai informasi mengenai perusahaan. Informasi kinerja keuangan merupakan salah satu indikator yang digunakan investor dalam menilai perusahaan. Namun kinerja keuangan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan nilai perusahaan. Pada tahun 2012, terdapat beberapa perusahaan pertambangan yang harga sahamnya turun saat kinerja sedang naik, menunjukkan kemungkinan ada faktor lain di luar kinerja keuangan yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Misalnya pengungkapan yang dilakukan perusahaan mengenai CSR. Pengungkapan perusahaan dapat membentuk persepsi investor dalam menilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR Disclosure perusahaan sebagai aspek non kinerja keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Selain itu penelitian ini juga menggunakan ukuran perusahaan sebagai variabel moderat dalam hubungan CSR Disclosure dan Nilai Perusahaan. Sampel penelitian ini adalah semua perusahaan pertambangan yang listing pada tahun 2012 dan menerbitkan annual report di website www.idx.co.id atau di website masing-masing perusahaan. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh 31 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa CSR Disclosure berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan jika perusahaan mengungkapkan CSR lebih lengkap, kemungkinan nilai perusahaan akan mengalami peningkatan. Selain itu, ukuran perusahaan sebagai variabel moderat berkedudukan sebagai pure moderator dan menunjukkan hasil positif dan signifikan. Artinya ukuran perusahaan mampu memperkuat hubungan antara CSR Disclosure terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa perusahaan dengan asset besar dan lebih banyak melakukan pengungkapan CSR, kemungkinan akan dapat menaikan nilai perusahaan tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4539
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 83.77Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 354.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 164.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 181.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 216.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 300.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 370.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 425.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 154.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 206.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record