PENGARUH PENERAPAN E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)
Author: Havid, Mohamad
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan e-filing, mengetahui tingkat kepatuhan Wajib Pajakf dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan di Kantor Pelayanan Pajak Bandung Cibeunying dan mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan e-filing terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penerapan e-filing atas penyampaian SPT Masa PPh di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying selama dua tahun terakhir, yaitu dari tahun 2011 sampai dengan 2012 masih tergolong buruk. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa dari masa ke masa tiap tahunnya memiliki tingkat yang sangat rendah. Meskipun cenderung mengalami peningkatan, akan tetapi peningkatan yang dihasilkan masih sangat rendah. Tingkat kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying selama dua tahun terakhir tergolong tinggi dan relative mengalami kenaikan. Hal ini tercermin dari hasil analisis yang menunjukan bahwa dari masa ke masa tiap tahunnya memiliki tingkat kepatuhan Wajib pajak di atas 90%. Penerapan e-filing pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak, dengan arah hubungan positif. Artinya semakin baik penerapan e-filing akan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, sebaliknya semakin buruk penerapan efiling akan menurunkan kepatuhan Wajib Pajak bisa dijelaskan atau dipengaruhi oleh penerapan e-filing pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4538
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 117.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 342.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 129.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 101.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 80.30Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 91.24Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 79.38Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 149.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 219.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 343.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 3.135Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 96.61Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 109.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record