PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTELECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2008–2012

Widyatama Repository

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTELECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2008–2012

Show full item record

Title: PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTELECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2008–2012
Author: Prameyta, Meta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui, mengkaji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor Intelectual Capital yang meliputi Human Capital, Struktural Capital, Customer Capital secara bersama-sama terhadap nilai pasar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012, (2) mengetahui, mengkaji dan menganalisis pengaruh Human Capital terhadap nilai pasar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012, (3) mengetahui, mengkaji dan menganalisis pengaruh Structural Capital terhadap nilai pasar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012, (4) mengetahui, mengkaji dan menganalisis pengaruh Customer Capital terhadap nilai pasar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Dalam penelitian ini data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah adalah regressi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui (1) pengaruh faktor-faktor intelectual capital yang meliputi human capital, struktural capital, customer capital secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang mampu memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan, baik sumber daya yang berwujud dan tidak berwujud, (2) Human Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Hal ini menunjukkan bahwa pasar akan memberikan nilai lebih pada perusahaan yang mampu mengoptimalkan SDMnya, (3) Structural Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Hal ini menunjukkan bahwa nilai STVA yang lebih tinggi akan memberikan rasio price-to-book value yang lebih tinggi, (4) Customer Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Hal ini menunjukkan bahwa investor memiliki orientasi yang lebih tinggi terhadap perusahaan yang fokus pada konsumennya. Sehingga customer capital menjadi intensitas pemasaran dan kemampuan pemasaran, yang kemudian digunakan untuk mendeskripsikan hubungan perusahaan dengan para stakeholder.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4532
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 145.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.308Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 164.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 180.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 167.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.39Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.74Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 325.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 459.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 353.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 281.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 185.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record