PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM PENILAIAN KINERJA PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM PENILAIAN KINERJA PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM PENILAIAN KINERJA PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung)
Author: Maulidinni
Abstract: Akuntansi pertanggungjawaban merupakan bentuk akuntansi yang dipakai manajemen untuk menilai kinerjanya, yang mensyaratkan setiap manajer untuk berpartisipasi dalam penyusunan rencana-rencana finansial segmennya dan menyediakan laporan kinerja tepat waktu yang membandingkan hasil aktual dan yang direncanakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban terhadap peningkatan kinerja pusat pendapatan pada PDAM Tirta Raharja. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan sifat dan kegiatan perusahaan dengan tujuan agar masing-masing unit organisasi dapat mempertanggungjawabkan hasil kegiatan unit yang berada dibawah pengawasannya. Anggaran sebagai salah satu alat yang digunakan dalam akuntansi pertanggungjawaban akan dibandingkan dengan laporan aktual manajemen pusat pertanggungjawaban didalam mengukur prestasi sehingga perbedaan jumlah biaya aktual dengan yang telah dianggarkan merupakan selisih yang akan mencerminkan prestasi manajer. Penelitian ini menggunakan explanatory research sebagai metode penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan akuntansi pertanggungjawaban di PDAM Tirta Raharja memililiki nilai rata-rata 3,98 termasuk dalam kategori baik, yang berarti akuntansi pertanggungjawaban sudah dinilai efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kinerja pusat pendapatan di PDAM Tirta Raharja memiliki nilai rata-rata 3,76 yang termasuk dalam kategori baik, yang berarti kinerja pusat pendapatan sudah efektif. Dengan demikian, akuntansi pertanggungjawaban berperan dalam penilaian kinerja pusat pendapatan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4529
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.18Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 279.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.71Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.48Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.70Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.69Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.22Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 132.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 94.92Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 141.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 34.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record