PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010

Widyatama Repository

PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010

Show full item record

Title: PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010
Author: Rosliana, Lena
Abstract: Pentingnya informasi laba bagi banyak pihak dalam mengambil suatu keputusan, telah dimanfaatkan oleh manajemen dengan melakukan praktik manajemen laba, sehingga informasi yang terkandung dalam laporan keuangan tersebut tidak mencerminkan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya, hal ini bertujuan untuk menyesatkan para stakeholders (pihak-pihak yang berkepentingan) tentang kondisi kinerja ekonomi perusahaan, sehingga berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambilnya. Timbulnya praktik manajemen laba dipengaruhi oleh berbagai faktor, dua diantaranya faktor leverage dan ukuran perusahaan. Semakin besar tingkat leverage dan ukuran perusahaan maka manajer akan terdorong melakukan manajemen laba untuk memperoleh pinjaman dari kreditor serta untuk mengurangi biaya politik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan bukti empiris apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010 (3 tahun). Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data field research dan library research, serta penggunaan software SPSS (Statistical product and service solution) versi 17.0 sebagai alat untuk membantu penulis dalam mengolah data. Alat statistik yang digunakan adalah analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, analisis determinasi dan uji signifikansi F dan t. Berdasarkan perhitungan dan analisis, diperoleh hasil bahwa leverage dan ukuran perusahaan baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2008-2010. Dengan pengaruh sebesar 8,9%, sedangkan sisanya 91,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4522
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 940.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.06Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 62.62Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 47.63Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 45.89Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 44.32Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 41.91Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 125.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 221.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 218.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 362.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 52.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record