PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA (Studi Survei Pada Dinas SKPD Pemerintah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA (Studi Survei Pada Dinas SKPD Pemerintah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA (Studi Survei Pada Dinas SKPD Pemerintah Kota Bandung)
Author: Lestari, Indah Puji
Abstract: Perwujudan Good Governance merupakan prasyarat bagi setiap pemerintahan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat. Pencapaian akuntabilitas instansi merupakan tekad yang ingin dicapai oleh setiap unit kerja sebagai penerima amanah/tanggungjawab dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dikelolanya, sehingga penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna dan berhasil guna, bersih, dan bertanggungjawab. Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 mendefinisikan anggaran berbasis kinerja adalah suatu pendekatan dalam penyusunan anggaran yang didasarkan pada kinerja atau prestasi kerja yang ingin dicapai. Instansi pemerintah harus mematuhi unsur-unsur anggaran kinerja yang bisa dipahami dengan baik oleh semua pihak terkait, diantaranya pengukuran kinerja, penghargaan dan hukuman, kontrak kinerja, kontrol eksternal dan internal, serta pertanggungjawaban atauakuntabilitas manajemen agar dapat dilaksanakan sesuai tujuan pelaksanaan kinerjanya (BPPK,2008).Akuntabilitas menurut Mahmudi (2010:23) adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya,melaporkan dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberimandat (principal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 Dinas SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksplanatori dengan pendekatan Survey yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS Ver19.00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Anggaran Berbasis Kinerja beserta Akuntabilitasnya sudah sepenuhnya dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Bandung dan Anggaran berbasis kinerja berpengaruh positif sebesar 2,125 dan signifikan sebesar 0,038 terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4516
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.251Mb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 18.41Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.02Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.61Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 35.17Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.26Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.84Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.75Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 74.81Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 162.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 78.86Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.34Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record