PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)
Author: Zakiyyah, Hana Isyabana
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai profesionalisme auditor internal di Inspektorat Provinsi Jawa Barat dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat di Inspektorat Provinsi Jawa Barat, serta seberapa besar pengaruh profesionalisme auditor internal Inspektorat Provinsi Jawa Barat terhadap peningkatan akuntabilitas kinerja intansi pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profesionalisme auditor internal sebagai variabel independen. Sedangkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-ekspalanatori, dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sampel jenuh, dikarenakan jumlah populasi hanya 1 maka semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 19.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa profesional auditor internal di Inspektorat Provinsi Jawa Barat dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa profesional auditor internal berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sedangkan besar pengaruh profesional auditor internal dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebesar 21,3%. Saran untuk Inspektorat Provinsi Jawa Barat agar dapat bersifat lebih obyektif dalam mengevaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan melaporkan hasilnya sesuai dengan fakta dan opini dalam laporan hasil evaluasi (LHE).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4514
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.00Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 462.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.20Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 138.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 49.01Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 318.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 422.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 494.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 646.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 121.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 257.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record