PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Perusahaan Daerah Air Minuman (PDAM) Tirtawening Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Perusahaan Daerah Air Minuman (PDAM) Tirtawening Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Perusahaan Daerah Air Minuman (PDAM) Tirtawening Bandung)
Author: Maya, Ega Putri
Abstract: Pada dasarnya auditor internal merupakan fungsi penilai independen yang ada dalam organisasi untuk memeriksa dan mengevaluasi aktivitas organisasi sebagai pemberian jasa kepada organisasi. Tujuan audit internal meliputi penganalisian, konsultasi, menilai anggota-anggota organisasi atas efektivitas dalam melaksanakan tanggung jawab mereka, menginformasikan tindakan-tindakan yang telah direview dan memberikan rekomendasi. Auditor internal bertugas untuk membantu melayani kepentingan manajemen organisasi, mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas proses manajemen risiko, pengendalian dan pengelolaan, melakukan pengujian laporan keuangan, melakukan audit untuk efisiensi, efektivitas dan ekonomis, dan memastikan apakah karyawan perusahaan telah memenuhi kebijakan dan peraturan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan audit internal sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang keefektivan pengendalian intern atas penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey explanatory. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis t. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka korelasi antara Audit Internal dengan Pengendalian Internal Penjualan dapat dikatakan kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi bahwa variabel independen mampu menerangkan perubahan pada efektivitas Pengendalian Internal Penjualan sebesar 60,53%, artinya bahwa Audit Internal membentuk Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan sebesar 60,53% pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PDAM Tirtawening Bandung. Sisanya dibentuk oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti sebesar 39,47% yaitu merupakan pengaruh faktor lain diluar variabel Audit Internal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Audit internal berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PDAM Tirtawening Bandung. Adapun saran yang diajukan penulis dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa sebaiknya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PDAM Tirtawening Bandung menerapkan Pengendalian Intern secara eksplisit agar tingkat pengendalian aktivitas didalam perusahaan dapat terukur secara efektif. Misalnya adanya pengendalian khusus atas aktiva dan dokumen penting sehingga tidak mudah di akses oleh sembarang orang, dan meningkatkan promosi untuk meningkatkan unit - unit penjualan agar sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4502
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 98.41Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.190Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 114.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 149.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 43.96Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 84.53Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.63Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 175.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 377.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 243.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 864.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 216.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record