PERANAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM EFEKTIVITAS PENILAIAN PERMOHONAN KREDIT (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Cabang Tamansari Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM EFEKTIVITAS PENILAIAN PERMOHONAN KREDIT (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Cabang Tamansari Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM EFEKTIVITAS PENILAIAN PERMOHONAN KREDIT (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Cabang Tamansari Bandung)
Author: Yudhianto, Calvin
Abstract: Bank sebagai lembaga keuangan yang aktivitas usahanya menyalurkan kredit harus mengadakan proses seleksi untuk menyaring setiap permohonan kredit yang masuk, agar setiap kredit yang diberikan efektif dan tidak menjadi kredit macet yang dapat merugikan pihak bank. Salah satu strateginya adalah dengan melaksanakan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan calon debitur untuk menilai kondisi keuangan calon debitur. Dengan analisis laporan keuangan, bank dapat memperoleh keyakinan apakah kredit yang diberikan akan dikembalikan tepat pada waktunya disertai bunga pinjaman, atau sebaliknya. Penelitian ini berjudul Peranan Analisis Laporan Keuangan dalam Efektivitas Penilaian Permohonan Kredit (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Cabang Tamansari Bandung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai peranan analisis laporan keuangan yang digunakan pihak bank dalam efektivitas penilaian permohonan kredit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Selain itu dilakukan penelitian kepustakaan. Perhitungan kuesioner menggunakan metode persentase Champion. Teknik analisis laporan keuangan menggunakan analisis rasio keuangan, yang meliputi: Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, dan Rasio Profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan kemampuan kondisi keuangan perusahaan calon debitur atau kinerja perusahaan setelah dilihat dari persentase rasio hasil analisis dari setiap akun-akun laporan keuangan masing-masing perusahaan calon debitur. Dari perbandingan ini dapat ditentukan perusahaan yang kondisi keuangannya lebih baik dan stabil maka permohonan kreditnya diterima, dan sebaliknya perusahaan calon debitur yang kondisi keuangannya buruk maka permohonan kreditnya ditolak. Selain itu, pihak bank dalam menerapkan analisis laporan keuangan telah memadai, hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 92,85%. Dengan demikian analisis laporan keuangan berperan dalam menilai efektivitas permohonan kredit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4490
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.07Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 536.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.52Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 167.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 180.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 194.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 191.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 551.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 394.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 633.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 115.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record