PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Kasus pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Kasus pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Kasus pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung)
Author: Putra, Bony Permana
Abstract: Pendeteksian kecurangan adalah upaya untuk mendapatkan indikasi awal yang cukup mengenai tindak kecurangan, sekaligus mempersempit ruang gerak para pelaku kecurangan, yaitu ketika pelaku menyadari prakteknya telah diketahui, maka sudah terlambat untuk berkelit. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki audit internal yang dapat berperan untuk mendeteksi kecurangan. Untuk mendeteksi kecurangan, perusahaan harus mampu mengefektifkan peran audit internalnya, sehingga akan mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu analisis mendalam dan kontekstual terhadap situasi yang mirip dalam organisasi lain, dimana sifat dan definisi masalah yang terjadi adalah serupa dengan yang dialami dalam situasi saat ini. Penulis menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung oleh penulis dari objek yang diteliti kemudian diolah untuk keperluan skripsi dan data sekunder diperoleh penulis dari sumber lain di luar lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang disebarkan, diperoleh bahwa pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung, audit internal yang telah dilaksanakan secara keseluruhan sudah sangat memadai dengan nilai rata-rata 4,26 (85,20 %), pelaksanaan pendeteksian kecurangan sudah dilaksanakan dengan baik sebesar 4,16 (83,20 %), dan audit internal sangat berperan signifikan dalam pendeteksian kecurangan sebesar 56%. Sehingga hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu “Audit internal dilaksanakan secara memadai/efektif, maka akan berperan dalam pendeteksian kecurangan pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4488
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.03Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 485.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 92.69Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 170.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 177.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 198.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 197.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 428.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 807.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 399.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 168.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record