PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan - Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2011 – 2012)

Widyatama Repository

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan - Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2011 – 2012)

Show full item record

Title: PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan - Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2011 – 2012)
Author: Dianty, Astari
Abstract: Kunci kesuksesan suatu perusahaan dalam era informasi dan pengetahuan tidak hanya ditentukan oleh aset berwujud, tetapi juga ditentukan oleh aset tidak berwujud. Intellectual capital merupakan aset tidak berwujud yang sangat penting untuk kemajuan dan pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang sehingga menjadi faktor penentu untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Intellectual capital mengacu pada pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intellectual capital (value added human capital, value added structural capital dan value added capital employed) terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BI. Periode penelitian dimulai pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2012, dengan metode pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling. Data yang digunakan sebagai data penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan yang telah diaudit. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa value added human capital mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap return on asset, value added structural capital mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap return on asset, sedangkan value added capital employed mempunyai pengaruh negatif tidak siginifkan terhadap return on asset. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa value added human capital, value added structural capital dan value added capital employed secara bersama-sama berpengaruh terhadap return on asset.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4484
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 55.16Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 281.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 226.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 249.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 122.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 157.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 214.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 299.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.021Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 487.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 151.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 204.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record