PENERAPAN GAP ANALYSIS PADA PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENlLAIAN KINERJA KARYAW AN (STUDI KASUS PT.XYZ)

Widyatama Repository

PENERAPAN GAP ANALYSIS PADA PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENlLAIAN KINERJA KARYAW AN (STUDI KASUS PT.XYZ)

Show full item record

Title: PENERAPAN GAP ANALYSIS PADA PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENlLAIAN KINERJA KARYAW AN (STUDI KASUS PT.XYZ)
Author: Muchsam, Yoki; Falahan
Abstract: Pengelolaan karir karyawan yang jelas dan transparan merupakan salah satu faktor penting yang meningkatkan keharmonisan suasana kerja dan mempererat tingkat kepercayaan dian tara karyawan dan manajemen. Pada prakteknya, pengelolaan karir karyawan sulit dipisahkan dari faktor-faktor subyektiJ pihak manajemen yang berwenang dalam pembuatan keputusan. Untuk mendukung transparansi keputusan, biasanya diperlukan satu sis tern yang dapat mengelola berbagai informasi yang terkait dengan prestasi dan kinerja karyawan dan informasi ini dapat digunakan sebagai bahan masukan yang obyektiJ bagi penentuan pengembangan karir karyawan tersebut. Kehadiran sistem pendukung keputusan di bidang pengelolaan jenjang karir karyawan dapat mempermudah dan mempercepat proses penilaian terhadap karyawan tersebut dan diharapkan dapat mengurangi subyektivitas dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan pengembangan karir karyawan. Salah satu pendekatan dalam mengevaluasi kinerja karyawan yaitu menggunakan gap analysis. Gap analisys atau analis kesenjangan juga merupakan salah satu langkah yang sangat penting dalam tahap perencanaan maupun tahap evaluasi kerja. Metode ini merupakan salah satu metode yang paling umum digunakan dalam pengelolaan manajemen internal suatu lembaga. Secara harflah "gap" mengidentiflkasikan adanya suatu perbedaan (disparity) antara satu hal dengan hal lainnya. Gap analisys sering digunakan di bidang manajemen dan menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mengukur kllalitas pelayanan (quality ofservice). j\1odel yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithalm dan Berry (1995) ini memiliki lima gap (kesenjangan), yaitu : Gap Persepsi Manajemen, Gap Spesiflkasi Kualitas, Gap Penyampaian Pelayanan, Gap Komunikasi Pemasaran dan Gap dalam Pelayanan yang dirasakan. Gap analisys bermanfaat untuk menilai seberapa besar kesenjangan antara kinerja aktual dengan sllatu standar kerja yang diharapkan, mengetahui peningkatan kinera yang diperlukan untuk menutup kesenjangan tersebut, dan menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan terkait prioritas dan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan. Pendekatan Gap analysis kemudian diterapkan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputllsan sederhana yang digunakan un/uk mengevaluasi kinerja karyawan tahunan, dengan mengambil studi kasus di PT XYZ. Sistem dibangun berbasis web untuk memudahkan penggunaan dan interaksidengan pengguna dan sistern ini menggunakan gap analysis untuk menilai kinerja karyawan. Ujicoba sistem menunjukan bahwa sistem ini mampu memberikan bantu an yang berarti bagi pihak manajemen khususnya bagian personalia untuk menilai dan memberikan umpan balik kinerja bagi para karyawannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4476
Date: 2011-06-17


Files in this item

Files Size Format View
COVER DEPAN.pdf 1.202Mb PDF View/Open
COVER DALAM.pdf 64.70Kb PDF View/Open
PENERBIT.pdf 66.95Kb PDF View/Open
KOMITE.pdf 81.54Kb PDF View/Open
SAMBUTAN KETUA PANITIA.pdf 138.1Kb PDF View/Open
SAMBUTAN KETUA JURUSAN.pdf 141.6Kb PDF View/Open
SAMBUTAN DEKAN.pdf 131.1Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 991.4Kb PDF View/Open
KIN.HC 065 - Yoki Muchsam & Falahah.pdf 4.891Mb PDF View/Open
COVER BELAKANG.pdf 1.036Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record