PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung)
Author: Wahyuni, Anggraeni Ika
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengendalian internal dan pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung telah efektif, serta untuk mengetahui bagaimana peranan pengendalian internal dalam menunjang efektivitas pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengendalian internal sebagai variabel independen. Sedangkan pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 karyawan pada bagian audit internal dan account officer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung. Teknik penggunaan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 30 karyawan pada bagian audit internal dan account officer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 19.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal dan pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang A.H. Nasution Bandung sudah berjalan dengan efektif. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa pengendalian internal berperan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah, sedangkan dari hasil koefisien determinasi didapat bahwa pengendalian internal mampu menjelaskan efektivitas pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah sebesar 62,7% dan sisanya sebesar 37,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4474
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.69Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 298.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.06Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 190.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 47.16Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 35.55Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 26.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.15Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 91.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 281.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 487.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 466.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 38.89Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record