PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR DAN TINGKAT MATERIALITAS TERHADAP KETEPATAN OPINI AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR DAN TINGKAT MATERIALITAS TERHADAP KETEPATAN OPINI AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR DAN TINGKAT MATERIALITAS TERHADAP KETEPATAN OPINI AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)
Author: Septiant, Alfi
Abstract: Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di tahun 2014 dimana BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) menyatakan bahwa masih banyak laporan auditor tidak menyampaikan temuan pelanggaran yang terdapat dalam perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Pada tahun sebelumnya yaitu ditahun 2009 dimana Menteri Keuangan memberikan sanksi kepada delapan KAP yang tidak memenuhi standar auditing, pada tahun yang sama pula terjadi kasus Bank Century dimana terdapat kesalahan yang materialitas yang mengakibatkan kerugian yang besar bagi para pemangku kepentingan. Oleh karena itu timbul masalah dimana opini auditor yang sangat diandalkan ternyata masih meragukan baik dalam pelaksanaan teknis maupun non teknis. Atas dasar itu dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profesionalisme auditor dan tingkat materialitas terhadap ketepatan opini audit. Responden dalam penelitian ini adalah auditor yang berkerja pada Kantor Akuntan publik yang berada di kota Bandung. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 responden yang berasal dari 13 KAP. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme auditor dan tingkat materialitas memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap ketepatan opini audit baik secara parsial maupun simultan. Dengan kata lain semakin tinggi profesionalisme dan pertimbangan tingkat materialitas yang dimiliki oleh auditor, maka semakin tepat opini yang diterbitkan. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Zaila (2013) dan Suraida (2005) serta mendukung penelitian yang dilakukan oleh Wahyudi dan Mardiyah (2006), Febriyanti (2012), Gusti dan Ali (2008), Suwaragana RA (2014) dan Maruti DR (2013).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4467
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 72.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 241.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 121.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 82.60Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 81.92Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 72.91Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 72.58Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 72.61Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 115.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 373.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 335.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 423.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 88.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 117.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record