PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK NIAGA CABANG ANTAPANI BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK NIAGA CABANG ANTAPANI BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK NIAGA CABANG ANTAPANI BANDUNG
Author: Saraswati, Destiani Dwi
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Niaga Cabang Antapani Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan Bank Niaga Cabang Antapani Bandung terhadap loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif yaitu suatu metode yang melihat dan menggambarkan keadaan perusahaan secara sistematis, factual dan akurat dengan cara mengumpulkan data dari perusahaan, menganalisanya dan akhirnya mengambil suatu kesimpulan hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah Bank Niaga Cabang Antapani Bandung. Didalam penelitian ini, sampel yang ditetapkan adalah 100 responden yang pernah melakukan transaksi lebih dari satu kali di Bank Niaga cabang Antapani Bandung yang dapat mewakili populasi. Tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan Bank Niaga cabang Antapani Bandung yaitu dilihat dari rata-rata sebesar 4,07. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan Bank Niaga cabang Antapani Bandung dikatakan baik, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Loyalitas nasabah atas kualitas pelayanan yang diberikan berdasarkan hasil kuesioner yang dilihat dari rata-rata sebesar 3,84 dan berada pada interval 3,40 – 4,19 yang berarti hasilnya baik dan bahwa loyalitas nasabah cukup tinggi. Pengujian koefisien korelasi digunakan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Niaga Cabang Antapani Bandung. Rumus yang digunakan adalah korelasi Pearson. Berdasarkan hasil diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,579 (termasuk interval 0,40 – 0,599), hal ini, menunjukkan hubungan yang sedang. Hasil uji koefisien determinasi bahwa kualitas pelayanan, mempengaruhi loyalitas nasabah sebesar 33,52%, sedangkan sisanya sebesar 66,48% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan hasil uji uji hipotesis nilai t hitung = 7,030 > t tabel = 1,660, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, yaitu : “Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Niaga.”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4461
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 63.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.46Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 43.74Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.12Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 98.79Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 161.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 247.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.50Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record