PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI PEREKONOMIAN PEMERINTAH PROVINSI RIAU (PERSEPSI PEGAWAI)

Widyatama Repository

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI PEREKONOMIAN PEMERINTAH PROVINSI RIAU (PERSEPSI PEGAWAI)

Show full item record

Title: PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI PEREKONOMIAN PEMERINTAH PROVINSI RIAU (PERSEPSI PEGAWAI)
Author: Ikhsan, Ikhwanul
Abstract: Penulis membahas masalah mengenai penerapan gaya kepemimpinan dan pengaruhnya terhadap motivasi kerja pegawai pada biro administrasi perekonomian pemerintah provinsi Riau dan hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah Provinsi Riau (Persepsi Pegawai)”. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Riau, bahwa Biro Administrasi Perekonomian merupakan salah satu unit organisasi yang berada dibawah Sekretariat Daerah Provinsi Riau dan dipimpin oleh seorang Kepala Biro dengan Eselon II.b. Biro Administrasi Perekonomian mempunyai tugas pokok menyelenggarakan perumusan bahan kebijakan umum dan koordinasi, fasilitasi, pemantauan dan evaluasi industri, perdagangan dan penanaman modal, koperasi UMKM dan BUMD serta Jasa Keuangan dan Perbankan, pariwisata dan perhubungan serta pekerjaan umum. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja pegawai biro administrasi perekonomian daerah provinsi Riau. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menyebar kuisioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pegawai biro administrasi perekonomian daerah provinsi Riau pada waktu dan tempat dimana penelitian ini dilakukan. Jumlah sampel yang diambil dalam peneletian ini adalah 44 orang. Variable Independent (X) adalah Gaya Kepemimpinan, sedangkan (Y) adalah Motivasi Kerja Pegawai. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat koefisien korelasi (rs) Rank Spearman diperoleh sebesar 0,851 atau 85,1%. Hal ini menunjukkan bahwa korelasi antara Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja Pegawai Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah Provinsi Riau sangat kuat. Serta dilihat dari nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 72,42%. Hal ini berarti pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja Pegawai Biro Administrasi Perekonomian sebesar 72,42%, sedangkan sisanya 27,58% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Setelah diadakan pengujjian hipotesis ternyata dapat dilihat (thitung > ttabel) atau (18,69> 1,684) dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4450
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 66.15Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 136.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 82.33Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 79.24Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 175.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 197.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 284.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 337.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 321.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 186.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record