SUATU TINJAUAN TENTANG PENYUSUNAN ANGGARAN KAS PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA ( PERSERO ) / INTERNASIONAL TRADING COMPANY ( ITC )

Widyatama Repository

SUATU TINJAUAN TENTANG PENYUSUNAN ANGGARAN KAS PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA ( PERSERO ) / INTERNASIONAL TRADING COMPANY ( ITC )

Show full item record

Title: SUATU TINJAUAN TENTANG PENYUSUNAN ANGGARAN KAS PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA ( PERSERO ) / INTERNASIONAL TRADING COMPANY ( ITC )
Author: Pali, Yetri Anggreani
Abstract: Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir, penulis melakukan peninjauan dan kerja praktik pada bagian keuangan dan anggaran PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / ITC yang berlokasi di Jl. Jawa No.12 Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Angaran kas memiliki kedudukan yang penting dalam menjaga kelancaran operasi perusahaan karena anggaran kas menunjukkan rencana sumber dan penggunaan kas selama tahun anggaran yang terdiri dari rencana penerimaan kas (aliran kas masuk) dan perencanaan pengeluaran kas (aliran kas keluar). Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / ITC, anggaran kas disebut juga dengan RKAP ( Rencana Kerja Anggaran Perusahaan), yang disusun dengan mengacu kepada Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara No: Kep 101/MBU/2002 tanggal 4 Juni 2002 tantang Penyusunan RKAP Badan Usaha Milik Negara. Adapun laporan keuangan utama dan pendukung dalam penyusunan anggaran kas adalah laporan laba rugi, laporan neraca dan laporan arus kas. Yang menjadi sumber utama penerimaan kas pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) adalah dari hasil penjualan barang. Pencapaian Anggaran kas atau RKAP ( Rencana Kerja Anggaran Perusahaan ) tahun 2006 benar-benar sangat tergantung pada keberhasilan Restrukturisasi Hutang. Hasil peninjauan menunjukkan bahwa peran anggaran kas pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / ITC memiliki peran yang positif dalam menunjang aktivitas operasional maupun non operasional perusahaan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan arus kas pada tahun 2006, jika dibandingkan pada tahun 2005 dimana perusahaan mengalami defisit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4425
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.51Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 43.54Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.28Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.79Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.73Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 87.80Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 56.03Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 88.82Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 23.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.52Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record