TINJAUAN STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PADA PT TIRTHA RIA

Widyatama Repository

TINJAUAN STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PADA PT TIRTHA RIA

Show full item record

Title: TINJAUAN STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PADA PT TIRTHA RIA
Author: Pratama, Handika Gia
Abstract: Handika Gia Pratama, 2006. Studi tentang Tinjauan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning pada PT Tirtha Ria. Bimbingan Yhani Mardani, S.E., M.M. Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat pesat, baik di bidang ekonomi, sosial, maupun di bidang industri. Perusahaan dituntut untuk selalu mampu mengikutinya. Perusahaan yang hidup di Era pasar global seperti saat sekarang ini tidak terlepas dari apa yang namanya persaingan dan kompetisi. Apalagi persaingan dan kompetisi yang dihadapi sangatlah ketat, dimana dimensidimensi pasar seperti, lingkungan, perilaku konsumen, Segmentasi dan pemasaran menjadi semakin kompleks ditambah lagi semakin banyaknya perusahaan sejenis yang akan menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Untuk meraih pangsa pasar yang ada dan tetap bisa bersaing maka perusahaan memerlukan strategi yang tepat. Strategi yang tepat itu adalah dengan menggunakan strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning. Segmentasi, Targeting dan Positioning membantu mencegah pemborosan sumber daya yang bernilai dengan mengarahkan upaya ke dalam bidang-bidang yang akan membantu mencapai keberhasilan suatu perusahaan dalam hal pemasaran produknya. Sehingga strategi yang diterapkan oleh perusahaan dapat efektif dan efisien. PT Tirtha Ria merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil, yang memproduksi Kain Printingan dengan bahan dasar Kain Georgette / Polyester. Dalam hal penulisan Tugas Akhir ini, penulis melakukan penelitian tentang Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning yang dilakukan oleh PT Tirtha Ria. Dimana metode yang digunakan melalui teknik interview, Observation, dan Library Research. Pada umumnya pelaksanaan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning telah dilakukan dengan baik. Segmentasi pasar yang dilakukan oleh PT Tirtha Ria adalah menggunakan dasar Segmentasi Geograpik dan Psikograpik. Dimana segmen pasar yang dituju adalah pasar internasional dan industri Garmen. Untuk Targeting perusahaan menjangkau segmen tersebut dengan melakukan berbagai macam kegiatan pemasaran melalui Agent Company dan mengikuti pameranpameran industri. Sehingga diharapkan segmen tersebut dapat potensial dan optimal terjangkau oleh perusahaan. Sedangkan positioning yang dilakukan yaitu berdasarkan perbedaan produk dan manfaat produk. Akhirnya dari hasil penelitian yang diperoleh, maka penyusun dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning sangatlah penting artinya bagi perusahaan dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin ketat dan kondisi pasar yang semakin kompleks. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4370
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.16Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.31Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.39Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.61Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.73Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 92.26Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 87.19Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 63.17Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 48.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.68Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record