TINJAUAN TENTANG PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SAAT PEMASANGAN BARU PADA PT. PLN (PERSERO) UPJ BANDUNG UTARA

Widyatama Repository

TINJAUAN TENTANG PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SAAT PEMASANGAN BARU PADA PT. PLN (PERSERO) UPJ BANDUNG UTARA

Show full item record

Title: TINJAUAN TENTANG PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SAAT PEMASANGAN BARU PADA PT. PLN (PERSERO) UPJ BANDUNG UTARA
Author: Sariningsih
Abstract: Pelayanan Pelanggan merupakan unsur yang penting di dalam usaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, oleh karena itu suatu perusahaan harus memberikan perhatian yang khusus kepada kegiatan pelayanan dalam hal pemenuhan kebutuhan pelanggan agar dalam pelaksanaannya dapat memuaskan pelanggan. Atas dasar itulah, penulis tertarik menyusun Laporan Tugas Akhir ini dengan judul “Tinjauan tentang Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan pada Saat Pemasangan Baru pada PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara“. Adapun tujuan yang diteliti dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah : 1. Untuk mengetahui Pelaksanaan Pelayanan Pemasangan Baru yang Diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara 2. Untuk mengetahui apakah pelayanan pemasangan baru yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara dapat memenuhi harapan pelanggan 3. Untuk mengetahui tanggapan para konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara 4. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen yang dirasakan oleh pelanggan PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara 5. Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh PT.PLN (Persero) UPJ Bandung Utara dalam memberikan pelayanan Kepada pelanggannya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu data yang menggambarkan, menafsirkan, menganalisis, dan menguraikan data informasi secara jelas tentang masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil kuesioner tentang harapan konsumen mengenai pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara dapat disimpulkan bahwa jasa pelayanan yang telah dilaksanakan, dikategorikan cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan kuesioner yang diperoleh sebesar 3.44 yang diukur berdasarkan skala likert menunjukkan bahwa nilai 3.44 berada pada interval ke-4 yaitu antara nilai 3.39- 4.19 yang artinya bahwa pelaksanaan pelayanan pada saat pemasangan baru pada PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara, sudah cukup sesuai dengan yang diharapkan konsumen. Berdasarkan hasil kuesioner tentang tanggapan konsumen mengenai pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara dapat disimpulkan bahwa jasa pelayanan yang telah dilaksanakan, sudah berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan kuesioner yang diperoleh sebesar 3.45 yang diukur berdasarkan skala likert menunjukkan bahwa nilai 3.45 berada pada interval ke-4 yaitu antara nilai 3.39- 4.19 yang artinya bahwa pelaksanaan pelayanan pada saat pemasangan baru pada PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara, sudah berjalan cukup baik. Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara dapat diketahui bahwa konsumen cukup puas atas seluruh dimensi kualitas jasa yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara. Dari hasil penelitian yang dilakukan di PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Utara, bahwa terdapat kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pelayanannya, yaitu ii adanya keterlambatan proses pemasangan listrik baru yang disebabkan adanya ketidaksesuaian dokumen yang diberikan pelanggan pada saat mendaftar, adanya ketidaksigapan karyawan dalam memberikan tanggapan atas keluhan pelanggan, dan sulitnya melakukan prosedur pada saat pemasangan baru. Terakhir, penulis menyarankan agar pihak PT. PLN mampu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4350
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.272Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.23Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.07Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 34.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 39.25Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 54.33Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.95Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.61Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record