TINJAUAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DALAM MEMOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT.TELKOM,Tbk KANTOR DIVISI REGIONAL III BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DALAM MEMOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT.TELKOM,Tbk KANTOR DIVISI REGIONAL III BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DALAM MEMOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT.TELKOM,Tbk KANTOR DIVISI REGIONAL III BANDUNG
Author: Jacob, Lisda Fitriyanti
Abstract: Penilaian kinerja karyawan adalah alat manajemen sumber daya manusia yang digunakan untuk mengukur kualitas sumber daya manusia yang dimiliki organisasi pada periode tertentu, sekaligus untuk mengetahui tingkat kesesuaian dengan kebutuhan sumber daya manusia pada periode yang sama oleh karena itulah maka pengelolaan yang menyangkut kegiatan kerja karyawan pada saat ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat mencapai tingkat prestasi yang diharapkan. Dengan adanya penilaian prestasi kerja itu akan memberikan suatu wadah yang positif bagi perusahaan maupun bagi karyawan itu sendiri, dalam hal ini agar para karyawan termotivasi dan dapat meningkatkan produktivitas kerja bagi perusahaannya. Adanya tujuan dari praktik kerja ini adalah penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas-aktivitas pengelolaan sumber daya manusia (Penilaian Kinerja) pada PT.Telkom, Tbk mampu menciptakan motivasi bagi karyawannya, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat penilaian kinerja dalam memotivasi kerja karyawan di PT.Telkom,Tbk, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong/mempengaruhi penilaian kinerja dalam memotivasi kerja karyawan di PT.Telkom,Tbk. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriftif analitis, yaitu metode penelitian yang tujuannya adalah untuk memecahkan, menganalisa, dan mengklasifikasikan data-data yang telah diperoleh, dan ditarik kesimpulan. Serta dapat bersifat memberi gambaran situasi / fenomena yang ada secara jelas tentang keadaan perusahaan saat ini, sehubungan dengan masalah yang ditinjau. Dari hasil kerja praktik ini dapat disimpulkan bahwa PT. Telkom, Tbk; telah berhasil melaksanakan sistem penilaian kinerja karyawan dengan baik, karena didalam pelaksanaanya, karyawan dinilai langsung oleh atasannya sendiri dan dinilai kembali oleh atasan dari atasan karyawan tersebut dengan prinsip relevan, objektif, akseptabel, dan adil, sehingga menjadikannya terlaksana secara efektif. Kecenderungan masalah yang timbul adalah mengenai munculnya penilaian yang cenderung menggunakan ukuran subjektif. Dalam penilaian kinerja seperti ini akan menyebabkan bias Seperti: (1) Hallo effect (kesan pertama), (2 ) Error of Center Leniency and Strictness Bias (Bias terlalu longgar atau terlalu ketat),(3) al Tendency (Kesalahan akibat kecenderungan menilai di tengah), (4) Friendly (Kedekatan hubungan), (5) Cross Cultural Bias (Bias penyimpangan antara budaya), (6) Personal Prejudice (Prasangka pribadi), (7) Pengaruhpengaruh Organisasi, (8) Standar-standar Penilaian, (9) Receny Effect (Kesan yang Sekarang). Serta Kurang mendukungnya situasi kerja menimbulkan kecenderungan alami yang dimiliki bersama. Untuk menanggulanginya, maka PT. Telkom, Tbk Hendaklah menghindarkan dengan harus dapat melakukan penilaian sesuai dengan standar penilaian prestasi kerja yang tepat, adil, menjangkau seluruh karyawan dan beragam cara kerja yang ada, serta tidak bersifat konservatif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4345
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.19Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.89Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.13Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.76Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 75.95Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.17Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.08Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 72.49Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record