PENERAPAN ALAT – ALAT PENGENDALIAN MUTU PADA PROSES PELAYANAN HOTEL RINJANI BANDUNG

Widyatama Repository

PENERAPAN ALAT – ALAT PENGENDALIAN MUTU PADA PROSES PELAYANAN HOTEL RINJANI BANDUNG

Show full item record

Title: PENERAPAN ALAT – ALAT PENGENDALIAN MUTU PADA PROSES PELAYANAN HOTEL RINJANI BANDUNG
Author: Nura
Abstract: Penulis membahas masalah mengenai penerapan alat – alat pengendalian mutu pada proses pelayanan yang diberikan oleh hotel Rinjani Bandung, dan hasilnya dituangkan dalam tugas akhir dengan judul “ Penerapan Alat – Alat Pengendalian Mutu Pada Proses Pelayanan Hotel Rinjani “. Hotel Rinjani adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan di Bandung. Agar pelayanan yang diberikan memiliki mutu dan sesuai dengan permintaan konsumen , maka sangat diperlukan adanya pengendalian mutu. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian mutu yang diterapkan Hotel Rinjani terhadap pelayanan yang diberikan, masalah yang timbul dan faktor penyebabnya, serta tindakan apa yang sebaiknya dilakukan pihak hotel untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk tugas akhir ini , penulis menggunakan metode penelitian berdasarkan penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dengan semua pihak yang terkait, melakukan observasi di lapangan dan menyebarkan kuesioner kepada tamu yang datang mengunjungi hotel Rinjani. Untuk mengolah data penulis menggunakan alat bantu Pengendalian Kualitas berupa Check Sheet. Diagram Pareto dan Cause and Effect Diagram. Untuk mengetahui masalah yang ada, penulis menggunakan Check Sheet untuk mengetahui masalah terbesar yaitu kurangnya fasilitas yang ada di hotel Rinjani dan yang kedua adalah kelambanan office boy dalam melayani tamu. Setelah itu digunakan cause and effect diagram untuk mengetahui faktor penyebab dari masalah yang timbul tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kegiatan pengendalian kualitas yang dilakukan perusahaan cukup memberikan manfaat dalam upaya mengurangi kegagalan produk, tetapi masih belum maksimal, maka penulis memberikan saran – saran bagi pihak hotel yaitu dengan membuat sebuah lembar pengecekan untuk memeriksa kelengkapan kamar, berhubungan dengan fasilitas yang ada. Sarana pemanggilan office boy yang berupa bel sehingga office boy akan cepat hadir jika diperlukan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4327
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 92.17Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.20Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.19Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 37.12Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 66.10Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.47Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 247.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.15Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record