TINJAUAN PELAKSANAAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA RANGGA CABANG SUBANG

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA RANGGA CABANG SUBANG

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA RANGGA CABANG SUBANG
Author: Budiantoro, Fariz
Abstract: Pelayanan pelanggan merupakan unsur penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan, oleh karena itu suatu perusahaan dapat memberikan perhatian khusus kepada kegiatan pelayanan dalam hal pemenuhan kebutuhan pelanggan. Atas dasar itulah penulis tertarik menyusun laporan tugas akhir ini dengan judul : “TINJAUAN PELAKSANAAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA RANGGA CABANG SUBANG” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan Terhadap Pengaduan Pelanggan pada PDAM Tirta Rangga Cabang Subang, (2) Pelayanan Terhadap Pengaduan Pelanggan yang diterapkan pada PDAM Tirta Rangga Cabang Subang, dan (3) Bagaimana Cara PDAM Tirta Rangga Cabang Subang menghadapi pengaduan Pelanggan selama pelaksanaan Pelayanan Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan, menganalisis serta menguraikan data informasi secara jelas tentang masalah yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunkan adalah studi lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, kuisioner dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa tujuan pelaksanaan pelayanan pelanggan yaitu memberikan konstribusi dalam pemerataan air di kabupaten Subang, , memuaskan pelanggan dengan memberikan informasi mengenai pelayanan yang disediakan oleh PDAM Tirta Rangga Cabang Subang, membina hubungan baik antara pelanggan dengan perusahaan. Pelaksanaan pelayanan pelanggan yang diberikan oleh perusahaan terbagi menjadi dua yaitu pelayanan pelanggan yang bersifat teknis dimana pihak perusahaan langsung turun kelapangan untuk melayani pelanggan dan pelayanan pelanggan yang bersifat administratif adalah pelayanan yang mengenai pembukuan saja, dan faktor – faktor yang menghambat pelaksanaan pelayanan pelanggan pada PDAM Tirta Rangga Cabang Subang yaitu faktor manusia (kelalaian), faktor bahan baku (keterlambatan dan keterbatasan) dan faktor metode kerja.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4313
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.31Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 39.99Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.22Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 68.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.80Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 103.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 130.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 521.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.33Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.93Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record