PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN ZSCORE DAN TOBIN’S Q (Studi pada lima anak perusahaan PT Bakrie & Brother Tbk)

Widyatama Repository

PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN ZSCORE DAN TOBIN’S Q (Studi pada lima anak perusahaan PT Bakrie & Brother Tbk)

Show full item record

Title: PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN ZSCORE DAN TOBIN’S Q (Studi pada lima anak perusahaan PT Bakrie & Brother Tbk)
Author: Riantani, Suskim; Sopyan, Jefrry Stepanus
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan terutama berkaitan dengan potensi kebangkrutan dan potensi investasi. Oleh karena itu analisis menggunakan model Altman Z-Score dan Tobin,s Q. Model prediksi Altman Z-Score ini menggunakan 4 ukuran, yaitu Working Capital to Total Assets, Retained Earnings to Total Assets, Earning Before Interest and Tax to Total Assets, dan Book Value of Equity to Book Value of Debt. Sedangkan model Tobin’s Q menggunakan ukuran Market Value of All Outstanding Stock, Debt, dan Total Assets. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitis dengan populasi anak perusahaan PT. Bakrie & Brother Tbk dari tahun 2007-2011. Sedangkan sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terdapat lima perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu PT Bakrie Telecom Tbk, PT Energi Mega Persada Tbk, PT Bumi Resource Tbk, PT Sumatera Plantation Tbk, and PT Bakrieland Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua perusahaan yang memiliki potensi kebangkrutan berdasarkan hasil Z-Score, yaitu PT.Bakrie Telecom Tbk dan PT. Energi Mega Persada Tbk, dua perusahaan yang berada pada grey area, yaitu PT. Bumi Resources Tbk dan PT. Sumatera Plantations Tbk dan satu perusahaan yang aman yaitu PT.Bakrieland Tbk. Sedangkan berdasarkan hasil Q-Score, terdapat satu perusahaan dengan potensi investasi yang tinggi (overvalued) yaitu PT.Sumatra Plantations Tbk, dan empat lainnya memiliki potensi investasi yang rendah yaitu PT.Bakrie Telecom Tbk, PT. Bumi Resources Tbk, PT. Energi Mega Persada Tbk dan PT. Bakrieland Tbk. Rata-rata Z-Score selama tahun 2007-2011 terendah dimiliki oleh PT. Energi Mega Persada Tbk dengan angka - 0,17 menunjukan bahwa PT. Energi Mega Persada memiliki ancaman kebangkrutan yang tinggi. Dan rata-rata Q-score selama tahun 2007-2011 terendah dimiliki oleh PT. Bumi Resources Tbk dengan angka 0,388, menunjukan bahwa potensi investasi yang dimiliki oleh PT.Bumi Resources Tbk sangat rendah, dan tidak menguntungkan bagi investor.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4263
Date: 2013-10-23


Files in this item

Files Size Format View
FIN 1-Suskim Riantani.pdf 214.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record