SUATU TINJAUAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA BANK XXX CABANG SURAPATI

Widyatama Repository

SUATU TINJAUAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA BANK XXX CABANG SURAPATI

Show full item record

Title: SUATU TINJAUAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA BANK XXX CABANG SURAPATI
Author: Nova, Haidar Dania
Abstract: Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, permasalahan yang dihadapi bukan hanya terdapat pada bahan mentah, alat-alat kerja, mesin-mesin produksi, uang, dan lingkungan kerja saja, melainkan juga karyawannya (SDM) yang mengelola faktor-faktor produksi tersebut. SDM dalam perusahaan merupakan asset utama, sehingga SDM yang ada harus dipelihara dan ditingkatkan kualitasnya agar kinerja SDM tersebut tetap terjaga dan selalu sesuai dengan standar perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan penilaian kinerja kepada karyawannya. Penilaian kinerja karyawan merupakan alat manajemen sumber daya manusia untuk mengukur kualitas sumber daya manusia yang dimiliki organisasi pada periode tertentu. penilaian kinerja karyawan adalah suatu evaluasi yang dilakukan secara periodik dan sistematis tentang kinerja seorang tenaga kerja. Pada dasarnya penilaian kinerja karyawan merupakan usaha membandingkan prestasi kerja yang dikehendaki dalam suatu jabatan tertentu (job standar) dengan prestasi kerja sesungguhnya yang dicapai oleh seorang tenaga kerja (job performance). Di Bank XXX, penilaian kinerja karyawan dikenal dengan Individual Performance Management System. Beberapa hal mendasar yang melatarbelakangi adanya penyempurnaan terhadap Individual PMS di Bank XXX adalah untuk : • Meningkatkan level excellence Bank XXX untuk menjadi Regional Champion Bank. • Mempertahakan dan memotivasi pegawai-pegawai terbaik yang dimiliki. • Mendorong dan mengarahkan pegawai-pegawai agar dapat lebih meningkatkan kinerja di periode berikutnya. • Menciptakan reputasi yang baik dalam mengelola performance and reward, sehingga mampu menarik kandidat-kandidat terbaik dari luar perusahaan untuk mau bergabung ke Bank XXX. Metode yang digunakan adalah Rating Scale. Teknis pelaksanaannya adalah para atasan mengidentifikasi serta menentukan faktor-faktor yang dianggap penting dari tugas-tugas jabatan yang hendak diukur melalui penetuan parameternya. Penilaian ini menggunakan Scoring Sheet yang merupakan alat bantu untuk menilai potensi pegawai. Masalah yang dihadapi dalam penilaian kinerja karyawan pada Bank Mandiri cabang surapati adalah Rating Error. Solusi yang digunakan adalah penilai sebaiknya lebih objektif dalam menilai karyawan, tidak melihat hal-hal seperti fisik, kedekatan pribadi, masalah pribadi karyawan yang dinilai, dan lain sebagainya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4197
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 30.10Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 37.84Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 41.24Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 42.01Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.23Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.40Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 141.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 364.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 64.72Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record