TINJAUAN PELAKSANAAN PERSONAL SELLING PADA AUTO 2000 CIBIRU

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PERSONAL SELLING PADA AUTO 2000 CIBIRU

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN PERSONAL SELLING PADA AUTO 2000 CIBIRU
Author: Putrigantina, Ratu Vetta
Abstract: Tugas akhir ini disusun oleh Ratu Vetta Putrigantina (04.07.058), dengan judul Tinjauan Pelaksanaan Personal Selling pada Auto 2000 Cibiru . Di dalam penyusunan tugas akhir ini peneliti di bawah bimbingan Ibu Hj. Sari Dewi Oktari S.E., M.M., selaku dosen pembimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan kegiatan personal selling, tujuan pelaksanaan personal selling pada Auto 2000 Cibiru, mengetahui masalahmasalah apa saja yang timbul pada pelaksanaan kegiatan personal selling, serta mengetahui solusi apa saja yang dibutuhkan dalam mengatasi masalah yang timbul pada pelaksanaan kegiatan personal selling. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapangan ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara pada pihak perusahaan yang terkait dan melakukan observasi lapangan. Auto 2000 Cibiru merupakan dealer resmi mobil Toyota yang beralamat di jalan Soekarno- Hatta No. 759 Bandung. Aktivitas Auto 2000 Cibiru antara lain melakukan penjualan kendaraan resmi merek Toyota, service kendaraan dan part accecoris. Berdasarkan penelitian pada Auto 2000 Cibiru, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan personal selling pada Auto 2000 Cibiru berjalan cukup baik. Tujuan dilakukannya personal selling diantaranya adalah memperkenalkan produk, melakukan pendekatan dengan konsumen dan calon konsumen, meningkatkan penjualan, mengingatkan konsumen atau calon konsumen atas nama perusahaan dan mengatasi persaingan, kemudian dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul pada pelaksanaan personal selling seperti masalah waktu untuk bertemu dengan konsumen, solusinya dengan membuat janji terlebih dahulu. Selain itu terdapat masalah ketidakcocokan harga maka para sales berusaha untuk menjelaskan mengenai diskon, suku bunga, uang muka, dan cicilan yang fleksibel. Terdapat juga masalah lainnya yaitu pengiriman barang yang terlambat karena konsentrasi sales yang terpecah selain mencari konsumen juga mengantar barang maka seorang sales biasanya menjadwalkan waktu untuk melakukan pengiriman barang sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman. Penulis memberikan saran kepada perusahaan agar sales memprioritaskan konsumen, lebih komunikatif dengan konsumen, serta melakukan perekrutan untuk bagian driver sehingga tidak memngganggu pekerjaan utama sales yaitu mencari konsumen untuk meningkatkan penjualan agar tujuan utama perusahaan dapat tercapai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4189
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.99Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.72Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 201.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 131.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 133.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.77Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record