TINJAUAN TERHADAP KEBIJAKAN KUALITAS JASA PADA BAGIAN PEMBAYARAN REKENING LISTRIK DI PT. PLN PERSERO DJBB (DISTRIBUSI JAWA BARAT BANTEN)

Widyatama Repository

TINJAUAN TERHADAP KEBIJAKAN KUALITAS JASA PADA BAGIAN PEMBAYARAN REKENING LISTRIK DI PT. PLN PERSERO DJBB (DISTRIBUSI JAWA BARAT BANTEN)

Show full item record

Title: TINJAUAN TERHADAP KEBIJAKAN KUALITAS JASA PADA BAGIAN PEMBAYARAN REKENING LISTRIK DI PT. PLN PERSERO DJBB (DISTRIBUSI JAWA BARAT BANTEN)
Author: Dani, Asep Saepul
Abstract: Di Indonesia banyak terdapat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mempengaruhi perkembangan dunia usaha dan masyarakat dalam menjalankan usahanya. Badan-Badan Usaha Milik Negara tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari dunia usaha pada umumnya dan masyarakat pada khususnya serta harus dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang baik dimata masyarakat. BUMN ini harus dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas. Melihat keadaan tersebut, pemerintah sebaiknya berupaya agar BUMN dapat berusaha memperbaiki keadaan dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dengan latar belakang tersebut, Penulis merasa tertarik untuk membahas kebijakan kualitas jasa pada PT. PLN Persero DJBB (Distribusi Jawa Barat Banten) dan hasilnya dituangkan dalam Laporan Tugas Akhir yang berjudul: “Tinjauan Terhadap Kebijakan Kualitas Jasa Pada Bagian Pembayaran Rekening Listrik Di PT. PLN Persero DJBB (Distribusi Jawa Barat Banten)”. Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, Penulis melakukan penelitian di PT. PLN Persero DJBB pada Bagian Niaga yang berada di Jalan Asia Afrika Nomor 36, Bandung. PT. PLN Persero DJBB ini merupakan sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa kelistrikan. PT. PLN Persero DJBB merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan kepada calon pelanggan dan masyarakat dalam penyediaan jasa yang berhubungan dengan penjualan tenaga listrik di wilayah Jawa Barat dan Banten. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan kualitas jasa pada bagian pembayaran rekening listrik yang telah dijalankan oleh PT. PLN Persero DJBB permasalahan apa saja yang dialami oleh PT. PLN Persero DJBB dalam melaksanakan kebijakan kualitas jasa pada bagian pembayaran rekening listrik, dan bagaimana solusi atau cara yang dilakukan oleh PT. PLN Persero DJBB untuk mengatasi permasalahan dalam melaksanakan kebijakan kualitas jasa pada bagian pembayaran rekening listrik pada kantor PT. PLN Persero DJBB. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan kebijakan kualitas jasa di PT. PLN Persero DJBB sudah cukup baik, karena dalam pelaksanaannya, selain loket pembayaran yang tersedia di kantor-kantor PLN, kini pihak PT. PLN Persero DJBB bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk membuka loket pembayaran rekening seperti dengan bekerja sama dengan pihak Perbankan, Kantor Pos, dan Koperasi Unit Desa. Akan tetapi, masih terjadi beberapa masalah dalam pelaksanaan kebijakan kualitas jasa yang dilakukan pihak PT. PLN Persero DJBB seperti sering terjadi antrian yang cukup panjang pada saat konsumen melakukan transaksi pembeyaran rekening listrik, tidak terhubungnya jaringan online yang digunakan pada saat melakukan transaksi pembayaran, masih banyak konsumen yang belum mengenal sistem kerja bank sebagai salah satu sarana dalam pembayaran rekening listrik, dan tidak banyak tersedianya loket-loket pembayaran di Koperasi Unit Desa. Dan untuk menyelesaikan masalah tersebut, penulis menyarankan agar pihak PT. PLN Persero DJBB menggunakan sistem antrian yang dapat mengatur kelancaran pada saat konsumen akan melakukan transaksi pembayaran rekening listrik, menambahkan beberapa unit komputer di beberapa Koperasi Unit Desa dan menggunakannya sebagai cadangan di loket-loket pembayaran apabila terjadi peningkatan konsumen yang akan melakukan transaksi pembayaran rekening listrik, dan menggunakan media elektronik terbaru serta meningkatkan jaringan yang menghubungkan sistem online yang menghubungkan loket-loket pembayaran dengan pihak bank.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4163
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.150Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.63Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.41Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.80Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 44.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.53Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 86.15Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 77.08Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 73.77Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 43.90Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record