TINJAUAN MENGENAI PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN MENGENAI PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN MENGENAI PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG
Author: Sari, Sella Apriani Mekar
Abstract: Penilaian kerja adalah proses yang dipakai oleh organisasi untuk mengevaluasi pelaksanaan keja individu karyawan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur kinerja masing-masing karyawan dalam mengembangkan kualitas kerja, pembinaan selanjutnya, tindakan perbaikan atas pekerjaan yang kurang sesuai dengan deskripsi pekerjaan,serta untuk keperluan yang berhubungan dengan masalah ketenaga kerjaaan lainnya. PT.Pos Indonesia(Persero) pada dasarnya memiliki tujuan untuk menetukan jabatan, sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan suatu promosi, demosi, kenaikan berkala gaji dasar, untuk memberikan penghargaan bagi karyawan, serta dapat mengenali kebutuhan akan pelatihan dan pengembangan karyawan, dengan menggunakan metode penilaian yang digunakan, yaitu Rating Scale. Untuk memberikan penilian terhadap seorang pegawai PT.Pos Indonesia (Persero) yang dilakukan oleh pejabat penilai yang merupakan atasan langsung dari pegawai yang bersangkutan. Dan segi manfaatnya yaitu membantu mendorong pegawai agar berusaha meningkatkan motivasi dan kepuasan atas hasil yang telah dilakukannya. Hambatanhambatan yang dihadapi oleh PT. Pos Indonesia(Persero) selama proses penilaian prestasi kerja diantaranya adanya efek halo, pengaruh kesan terakhir dan kurangnya pengetahuan karyawan mengenai manfaat penilaian prestasi kerja karyawan. Adapun usaha yng dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut, yaitu berusaha seobjektif mungkin dalam melakukan penilaian dengan melibatkan atasan langsung dari pegawi yang dinilai dan juga atasan yang lebih tinggi,dengan menetapkan kategori penilaian prestasi kerja dan memberikan penjelasan mengenai manafaat penilaian prestasi kerja bagi karyawan. Berdasarkan permasalahan tersebut, saran yang diberi penulis dengan memberi pelatihan kepada penilai sehingga penilai mempunyai pengetahuan yang lebih luas tentang arti pentingnya hasil dari sebuah penilaian sesuai dengan kinerja yang dihasilkan dan atasan selaku penilai kinerja karyawan harus mempunyai ketegasan dalam proses penilaian dan juga dengan memberikan umpan balik kepada penilaia menegenai penilaian yang telah dilakukan dan pengunaan cara-cara penilaian yang pernah ditetapkannya, sehingga dapat dilakukan perbaikan dimasa yang akan datang. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prestarsi kerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) dapat dikatakan efektif karena dalam melakukan penilaian melibatkan pihak lain yang dapat menambah efektivitas penilaian. Dengan demikian diharapkan penilaian prestasi kerja dapat eningkatkan produktifitas kerja perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4138
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.35Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.64Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 43.87Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.55Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 81.83Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.10Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 75.22Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.57Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record