TINJAUAN TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG PAMANUKAN UNIT PABUARAN SUBANG

Widyatama Repository

TINJAUAN TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG PAMANUKAN UNIT PABUARAN SUBANG

Show full item record

Title: TINJAUAN TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG PAMANUKAN UNIT PABUARAN SUBANG
Author: Chaniago, Yenita Dewie
Abstract: Dalam Laporan Tugas Akhir ini penulis mengulas tentang prosedur pemberian kredit pada Bank Rakyat Indonesia (BRI). Untuk menyelesaikan tugas akhir ini penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 1 bulan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pamanukan Unit Pabuaran Subang, metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode Deskriptif, yaitu membuat gambaran secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan objek-objek yang diteliti. Bank merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, artinya aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan. Fungsi utama dari Bank adalah menyediakan jasa menyangkut penyimpanan nilai dan perluasan kredit. Pelaksanaan Pemberian Kredit oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pamanukan Unit Pabuaran Subang dijalankan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Prosedur tersebut berlaku bagi setiap nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI), baik itu nasabah baru maupun nasabah yang sudah lama. Prosedur Pelaksanaan Pemberian Kredit tersebut mulai dari Pengajuan Permohonan Kredit, Pencatatan Penyimpanan Data Calon Debitur, Peninjauan Lapangan, Analisis Kredit, Keputusan Kredit dan Realisasi Kredit. Jenis kredit yang ada di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pamanukan Unit Pabuaran Subang adalah Kupedes (kedit umum pedesaan) dan KUR mikro. Masalah yang timbul dari Pelaksanaan Pemberian Kredit adalah timbulnya kredit macet. Penyebab kredit macet bisa disebabkan oleh pihak debitur yang bersangkutan, atau karena keadaan perekonomian. Untuk mengatasinya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) diantaranya memberikan surat teguran, melaksanakan musyawarah dan menyita jaminan. Saran penulis menganjurkan bagi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam mengatasi masalah yang timbul agar dalam menganalisis permohonan kredit sebaiknya dilakukan dengan teliti dan lebih selektif. Hal tersebut dimaksudkan agar kredit yang diberikan kepada nasabah dapat digunakan sebaik-baiknya dan dikembalikan tepat pada waktunya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4131
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 74.08Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 113.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 65.84Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 110.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 175.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 130.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 315.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 274.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 193.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 76.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record