TINJAUAN PELAKSANAAN CORPORATE COMMUNICATION PT. PINDAD (PERSERO)

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN CORPORATE COMMUNICATION PT. PINDAD (PERSERO)

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN CORPORATE COMMUNICATION PT. PINDAD (PERSERO)
Author: Febrianto, Firman
Abstract: PT. Pindad merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang produk militer seperti senjata api, produk kendaraan peluncur roket, panser anoa dan produk komersial seperti produk sarana dan prasarana perkereta apian, serta jasa permesinan. Dibawah pembinaan langsung kementrian BUMN sejak tahun 2002 kegiatan PT. Pindad mencakup desain dan pengembangan, rekayasa, assembling dan pabrikan serta perawatan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mmemperoleh data yang dijadikan bahan pembuatan laporan tugas akhir, diantaranya bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan corporate communication PT. Pindad (Persero), mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam melakukan kegiatan corporate communication PT. Pindad (Persero), mengetahui solusi atas kendala-kendalayang dihadapi dalam melakukan kegiatan corporate communication PT. Pindad (Persero) Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif dimana data diperoleh dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara. Program-program corporate communication yang dilakukan oleh PT. Pindad (Persero) terdiri dari program internal perusahaan dan program eksternal perusahaan. Program internal mencakup pengumuman-pengumuman, buku pegangan pegawai, kontak pribadi, pertemuan berkala, laporan kepada pemegang saham, olahraga, study tour dan pelatihan, pengahargaan, klinik dan apotek, dan tempat ibadah dan program eksternal mencakup publisitas, periklanan, pameran, sales promotion, konferensi pers, penerimaan tamu. Dalam pelaksanaan program-program corporate communication terdapat beberapa kendala yang dialami oleh PT. Pindad (Persero) seperti : masih kurangnya kesadaran pegawai dalam menerima pengumuman-pengumuman, keterlambatan menghadiri pertemuan dan pelatihan, sarana fasilitas olahraga, tempat ibadah kurang memadai, kurangnya pemberian insentif, minimnya penggunaan media massa dalam mempromosikan dan memasarkan produk, tidak berani mengadakan pameran sendiri, sulitnya peraturan bagi media massa yang akan meliput. Program-program corporate communication yang efektif perlu dilakukan agar informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik kepada publik internal maupun eksternal perusahaan. Dengan melakukan evaluasi dan perbaikan seperti perbaikan etika dan perilaku dengan memberi sangsi yang tegas bagi yang melanggar aturan, mengingatkan kembali pengumuman, lebih terbuka untuk menggunakan berbagai media massa dalam memasarkan produk, peningkatan insentif, perbaikan dan penambahan sarana fasilitas tempat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4034
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 132.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 643.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 193.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 170.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 316.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 486.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 355.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 928.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record