MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI SALAH SATU SARANA YANG EFEKTIF UNTUK PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEPADA SISWA DI SMA BPI 1 BANDUNG “バンドン第一BPI 私立高等学校における日本語を学習するた めの電子メディア“

Widyatama Repository

MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI SALAH SATU SARANA YANG EFEKTIF UNTUK PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEPADA SISWA DI SMA BPI 1 BANDUNG “バンドン第一BPI 私立高等学校における日本語を学習するた めの電子メディア“

Show full item record

Title: MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI SALAH SATU SARANA YANG EFEKTIF UNTUK PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEPADA SISWA DI SMA BPI 1 BANDUNG “バンドン第一BPI 私立高等学校における日本語を学習するた めの電子メディア“
Author: Suherman, Azhary
Abstract: Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu syarat dalam menyelesaikan Pendidikan Diploma III Program Studi Bahasa Jepang pada Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan adalah agar setiap mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku perkuliahan. Hasil yang diperoleh selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan tersebut penulis tuangkan ke dalam tulisan yang berbentuk laporan. Penulis melaksanakan praktik kerja lapangan di SMA BPI 1 Jl. Burangrang No. 8 Telp. (022) 7301739, 7305735 – Fax. (022) 7305805 – Email: smas.bpi1@yahoo.co.id, Bandung 40262. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui seberapa penting media elektronik sebagai sarana pengajaran bahasa Jepang di SMA BPI 1 Bandung dan memberikan salah satu solusi kepada pengajar bahasa Jepang dalam proses pembelajaran. Penulis selama melakukan praktik kerja lapangan ditugaskan sebagai Pengajar bahasa Jepang yang bertugas untuk memberikan materi, tugas dan tes. Metode atau cara-cara yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Metode yang menggambarkan susunan yang sistematis secara aktual dan cermat. Di jaman modern ini media untuk pembelajaran bahasa Jepang sudah sangat mudah di dapatkan dan penulis memanfaatkan fasilitas yang sudah ada untuk menunjang pembelajaran kepada peserta didik di SMA BPI 1 Bandung. Adapun bentuk media elektronik yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah JED (Japanese English Dictionary), Kanji Recognized, imiwa dictionary (意味和 Dictionary), dan bahkan latihan untuk menghadapi ujian tes kemampuan bahasa Jepang pun sudah ada di jaman modern ini. Hasil analisis data tes disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 89,9 dan berdasarkan hasil data angket menunjukan 50,4% responden setuju dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik, 27,2% responden biasa saja dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik, dan 2,4% responden menyatakan tidak setuju dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik. Penulis berharap pengalaman yang penulis peroleh selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dapat bermanfaat bagi pembaca.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3810
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 162.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 134.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 132.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 126.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 124.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 206.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 146.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 152.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 149.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 87.84Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 88.36Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record