AUDIT IT GOVERNANCE DI UNIVERSITAS WIDYATAMA DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA DOMAIN AQUISITION AND IMPLEMENTATION (AI)

Widyatama Repository

AUDIT IT GOVERNANCE DI UNIVERSITAS WIDYATAMA DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA DOMAIN AQUISITION AND IMPLEMENTATION (AI)

Show full item record

Title: AUDIT IT GOVERNANCE DI UNIVERSITAS WIDYATAMA DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA DOMAIN AQUISITION AND IMPLEMENTATION (AI)
Author: Wibawa, Hadiana
Abstract: Information Technology Governance (IT Governance) merupakan faktor penting bagi organisasi dalam memanfaatkan teknologi informasi. Adanya IT Governance akan memberikan jaminan bahwa pemanfaatan teknologi informasi sejalan dengan tujuan organisasi. Dalam membangun sebuah IT Governance, dapat diadopsi beberapa standar seperti ITIL, COSO, ISO27001, ISO38500 dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan COBIT, dengan pertimbangan COBIT dibuat dengan menggunakan standar IT lain sebagai referensinya, sehingga keselarasan pengembangan IT dengan tujuan institusi relatif lebih terjamin. Pengembangan model IT Governance dimulai dengan menentukan critical success factor (CSF) dari sasaran IT institusi, pengukuran tingkat kematangan current IT Governance, analisis gap hingga analisa resiko untuk mengidentifikasi proses IT yang urgent untuk diimplementasikan. Pada bagian akhir diberikan rekomendasi perbaikan proses IT sesuai dengan maturity level-nya. Hasil penelitian ini adalah usulan model IT Governance yang diharapkan cukup sesuai bagi organisasi Universitas Widyatama. Domain AI pada COBIT berkaitan dengan implementasi solusi IT dan integrasinya dalam proses bisnis organisasi, juga meliputi perubahan dan perawatan yang dibutuhkan sistem yang sedang berjalan untuk memastikan daur hidup sistem tersebut tetap terjaga. Secara umum, untuk mencapai tingkat yang lebih baik organisasi perlu mendefinisikan (secara formal) dan mensosialisasikan kebijakan, prosedur serta standar yang dibutuhkan dalam pengelolaan informasi; mengelola dokumen pengoperasian setiap proses layanan IT; menjalankan fungsi pengawasan, pelaporan dan evaluasi proses, serta memfasilitasi knowledge sharing antar individu penanggung jawab proses sehingga diharapkan ketergantungan sistem IT terhadap individu dapat diperkecil.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3785
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 43.52Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 47.29Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 264.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 244.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 151.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 563.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 349.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 288.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 455.9Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 44.33Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 337.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record