PERANCANGAN PROSES BISNIS PENGELOLAAN PERGUDANGAN TRANSIT MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION DI PT KERETA API LOGISTIK (Suatu Studi di Area Pergudangan Transit Jakarta Gudang)

Widyatama Repository

PERANCANGAN PROSES BISNIS PENGELOLAAN PERGUDANGAN TRANSIT MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION DI PT KERETA API LOGISTIK (Suatu Studi di Area Pergudangan Transit Jakarta Gudang)

Show full item record

Title: PERANCANGAN PROSES BISNIS PENGELOLAAN PERGUDANGAN TRANSIT MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION DI PT KERETA API LOGISTIK (Suatu Studi di Area Pergudangan Transit Jakarta Gudang)
Author: Sutrio
Abstract: Perancangan dan pengembangan proses bisnis pada saat ini harus siap dan terkait dengan implementasi teknologi informasi. Proses bisnis dirancang dan dikembangkan karena dapat menjadi kerangka kerja dalam pengembangan arsitektur sistem informasi di PT Kereta Api Logistik yang bergerak dibidang layanan jasa logistik. Dengan adanya perancangan proses bisnis, perusahaan dapat mengirim barang tepat waktu sampai ke pengguna jasa tujuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang proses bisnis yang akan dilakukan oleh PT Kereta Api Logistik yang awalnya dilakukan oleh ekspeditur. Untuk merancang proses bisnis harus menggunakan pemodelan proses bisnis. Pemodelan proses bisnis bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap proses secara keseluruhan sehingga semua entitas yang terlibat mempunyai cara pandang yang sama. Manfaat yang akan didapatkan dari pemodelan ini memperjelas karakteristik dan tujuan dari proses bisnis tersebut. Dalam merancang proses bisnis digunakan metode Lembar Kerja Proses Bisnis ebXML dan ditambahkan BPMN untuk pembuatan diagram agar lebih jelas penggambaran proses bisnis tersebut. Business Process Modelling Notation (BPMN) yang dikeluarkan oleh Business Process Modelling Initiative (BPMI) adalah salah satu tools untuk menggambarkan sebuah proses bisnis pada suatu organisasi. Kelebihan metode BPMN dalam memodelkan masalah terletak pada kemampuannya untuk memodelkan bisnis yang bertipe e-bisnis dengan aliran informasi berupa pesan-pesan (message) yang dilewatkan antar entitas bisnis. Penelitian skripsi ini akan memfokuskan penggunaan BPMN dibandingkan dengan ebXML disebabkan karena mudah dipahami sehingga informasi yang disampaikan bisa diterima oleh semua unit organisasi. Hasil dari perancangan ini adalah menghasilkan aliran informasi untuk identifikasi data object yang ada dalam proses bisnis. Adapun hasil penelitian ini adalah perusahaan dapat memanfaatkan aliran informasi untuk menjalankan kegiatan bisnisnya sehingga tidak ada entitas yang menjalankan proses bisnisnya masingmasing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3756
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.939Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 72.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.04Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.95Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 51.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 35.63Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 640.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 67.99Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 874.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.56Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 27.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 34.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record