ANALISIS PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN PENERAPAN SALES AND OPERATION PLANNING (S&OP) DI PT SIGMA UTAMA

Widyatama Repository

ANALISIS PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN PENERAPAN SALES AND OPERATION PLANNING (S&OP) DI PT SIGMA UTAMA

Show full item record

Title: ANALISIS PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN PENERAPAN SALES AND OPERATION PLANNING (S&OP) DI PT SIGMA UTAMA
Author: Rondonuwu, Chintya Rianne Michella
Abstract: Permintaan pasar sangat berpengaruh dalam perencanaan produksi pada suatu perusahaan. Perencanaan produksi pada PT Sigma Utama masih mempraktekkan sistem manajemen industri yang bersifat tradisional, juga terdapat adanya kesenjangan komunikasi dan kerja sama antara departemen pemasaran, produksi, dan inventori. Maka dari itu, perlunya mengetahui perencanaan produksi yang diterapkan di PT Sigma Utama dan membuat usulan penerapan Sales and Operation Planning (S&OP) di PT Sigma Utama. Penelitian ini akan dilakukan analisis implementasi S&OP pada PT Sigma Utama sebagai bentuk perencanaan terintegrasi. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan produksi berbasiskan sistem Material Requirement Planning (MRP) mulai dari forecasting, aggregate planning atau Rencana Produksi Agregat (RPA), dan Master Production Schedule (MPS), kemudian dilanjutkan dengan S&OP. Berdasarkan plot data permintaan kebutuhan dari PT Sigma Utama, metode forecasting yang digunakan terdiri dari Holt, Regresi Linear, Double Moving Average, dan Brown. Metode Brown terpilih berdasarkan nilai error terkecil. Rencana produksi agregat menggunakan strategi berdasarkan kapasitas produksi dari PT Sigma Utama, kemudian dilakukan MPS, dan tiga langkah proses S&OP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perencanaan produksi di PT Sigma Utama menggunakan sistem jangka pendek dan hanya berdasarkan MPS yang dapat mengakibatkan tidak terlihatnya kebutuhan kapasitas secara jangka menengah dan jangka panjang. Dengan S&OP, maka perencanaan agregat dari PT Sigma Utama dapat diketahui secara jelas mengenai kebutuhan sumber daya, kapasitas produksi, stok gudang barang jadi, pengadaan bahan baku, keuangan, dan unit terkait lainnya. Diketahui bahwa S&OP terjadi selisih antara perencanaan dan aktual seperti pada periode bulan Januari perencanaan marketing sebesar 19068 liter, sedangkan aktual marketing sebesar 575 liter.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3737
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 31.82Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 74.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.94Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 68.17Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 160.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 416.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 188.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 477.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 93.46Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 79.32Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 41.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record