PENENTUAN WAKTU OPTIMAL NYALA PENGATUR LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (STUDI KASUS DI PEREMPATAN JALAN SOEKARNO HATTA – BUAH BATU)

Widyatama Repository

PENENTUAN WAKTU OPTIMAL NYALA PENGATUR LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (STUDI KASUS DI PEREMPATAN JALAN SOEKARNO HATTA – BUAH BATU)

Show full item record

Title: PENENTUAN WAKTU OPTIMAL NYALA PENGATUR LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (STUDI KASUS DI PEREMPATAN JALAN SOEKARNO HATTA – BUAH BATU)
Author: Kudiyatno, Syifa Fitriasari Larasati
Abstract: Faktor utama yang mempengaruhi pengaturan lampu lalu lintas khususnya pada perempatan Jalan Soekarno Hatta – Buah Batu adalah besarnya volume kendaraan pada perempatan tersebut. Semakin padat kendaraan yang melewatinya, maka semakin panjang antrian kendaraan yang lewat. Hal ini dibutuhkan waktu nyala lampu lalu lintas yang optimal sehingga volume kendaraan pada perempatan tersebut dapat berkurang atau bahkan seluruhnya dapat melintas. Penyebab lain dari kemacetan adalah tidak sesuainya penentuan waktu lampu hijau dengan jumlah kedatangan kendaraan yang berada di ruas jalan tersebut. Jumlah kedatangan kendaraan yang lebih banyak dibandingkan waktu lampu hijau yang sedikit akan mengakibatkan kemacetan yang sangat panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah penentuan waktu nyala lampu lalulintas yang optimal pada perempatan Jalan Soekarno Hatta – Buah Batu, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan simulasi Promodel 6.0, kemudian dilakukan analisis perbandingan antara model awal dan model yang telah diperbaharui, dan dijadikan sebagai masukan untuk mengontrol waktu nyala lampu lalu lintas. Berdasarkan hasil simulasi dengan menggunakan tiga skenario, diperoleh hasil perbaikan yang optimal pada skenario dua dengan usulan yakni pada pagi hari arah timur dengan lampu hijau menjadi 120 detik perubahan yang terjadi dari 3338 kendaraan menjadi 3098 kendaraan, arah barat dengan lampu hijau menjadi 44 detik perubahan yang terjadi dari 1142 kendaraan menjadi 1259 kendaraan, arah selatan dengan lampu hijau menjadi 112 detik perubahan yang terjadi dari 3025 kendaraan menjadi 2934 kendaraan, arah timur dengan lampu hijau menjadi 58 detik perubahan yang terjadi dari 559 kendaraan menjadi 623 kendaraan. Sedangkan pada sore hari arah timur dengan lampu hijau menjadi 120 detik perubahan yang terjadi dari 1936 kendaraan menjadi 1806 kendaraan, arah barat dengan lampu hijau menjadi 84 detik perubahan yang terjadi dari 3104 kendaraan menjadi 3072 kendaraan, arah selatan dengan lampu hijau menjadi 72 detik perubahan yang terjadi dari 1763 kendaraan menjadi 1814 kendaraan, arah timur dengan lampu hijau menjadi 58 detik perubahan yang terjadi dari 1222 kendaraan menjadi 1352 kendaraan. Durasi penyalaan lampu merah dan lampu hijau yang diusulkan dalam penelitian ini telah menyebabkan terjadinya perbaikan panjang antrian pada masing- masing ruas jalan dengan rata-rata 40%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3725
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.67Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.85Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.54Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 46.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.37Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1.115Mb PDF View/Open
Bab 3.pdf 78.88Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.956Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 54.57Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 34.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.78Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record