PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ASSEMBLY LINE BALANCING METODE MOODIE – YOUNG (STUDI KASUS DI PT. MULTI GARMENJAYA)

Widyatama Repository

PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ASSEMBLY LINE BALANCING METODE MOODIE – YOUNG (STUDI KASUS DI PT. MULTI GARMENJAYA)

Show full item record

Title: PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ASSEMBLY LINE BALANCING METODE MOODIE – YOUNG (STUDI KASUS DI PT. MULTI GARMENJAYA)
Author: Permadi, Karel Stefano
Abstract: PT. Multi Garmenjaya merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis pakaian dan aksesoris lainnya seperti kaos, kemeja, jas, jaket, celana, ikat pinggang, topi, tas, dan sepatu yang berada di Jl. Krawang No.1, Bandung. Pada lantai produksi PT. Multi Garmenjaya divisi SBU (Strategic Business Unit) Ladies dapat ditemukan beberapa masalah yang sering terjadi pada proses produksi untuk produk (artikel, pada industri garment) kemeja EKR 6468D, yaitu tidak seimbangnya kecepatan produksi dari satu workstation ke workstation lainnya dan sering terjadinya kekurangan jumlah produk yang diproduksi pada waktu produksi yang sudah ditetapkan. Tidak seimbangnya kecepatan produksi antar workstation dapat mengakibatkan terjadinya hambatan atau ketidakefisienan dalam suatu workstation dan dapat mengakibatkan tidak lancarnya proses pembuatan artikel tersebut. Hal ini mengakibatkan terjadi waktu menganggur (idle time) dan penumpukkan material. Tidak terpenuhinya target produksi dapat mengakibatkan artikel tersebut tidak sampai ke tangan konsumen tepat waktu. Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian di PT. Multi Garmenjaya yaitu Mengelompokkan aktivitas-aktivitas perakitan kedalam sejumlah workstation agar dicapai lintasan yang seimbang sehingga setiap workstation selesai pada waktu yang seimbang dengan cara meningkatkan efisiensi lintasan produksi dan meminimumkan waktu menganggur pada setiap workstation dan membuat perencanaan produksi untuk memenuhi target produksi artikel di PT. Multi Garmenjaya. Metode yang digunakan untuk menyeimbangkan lini produksi guna memperoleh efisiensi lintasan yang baik di PT. Multi Garmenjaya yaitu dengan menggunakan assembly line balancing metode Moodie - Young dan perencanaan produksi untuk menentukan kebutuhan fasilitas (shift kerja) guna memenuhi permintaan konsumen. Hasil yang diperoleh setelah menggunakan metode tersebut yaitu setelah mengelompokkan aktivitas-aktivitas operasi dalam proses pembuatan kemeja artikel EKR 6468D adalah efisiensi lintasan sebesar 67,20% dengan 6 workstations dan setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan metode Moodie – Young maka terjadi peningkatan efisiensi lintasan menjadi 80,74% dengan 4 workstations. Terjadinya penurunan idle time pada setiap workstation dari total idle time 1.241,13 detik menjadi 606,65 detik. Perencanaan produksi yang digunakan untuk artikel EKR 6468D adalah perencanaan produksi dengan menggunakan 2 fasilitas (shift kerja) karena menghasilkan total cost yang paling rendah dan menghasilkan persediaan akhir yang banyak untuk menutup jumlah produksi artikel lain yang mengalami kekurangan jumlah produksi ataupun adanya lonjakan permintaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3721
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 81.41Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 89.54Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 84.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 89.96Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 560.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 179.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 2.474Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.7Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 82.44Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 71.61Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record